HARI TERAKHIR DI NINGALAN, PELESIR KE GOA PAWON

Kedungtuban- Sukses menggelar bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Blora (Kamaba) Madura berkunjung ke Goa Pawon di Dusun Ningalan Desa Ngraho Kecamatan Kedungtuban, Blora.

“Goanya sangat indah, dan cukup luas,” ucap Ketua Kamaba Madura, Eko Cahyono, kepada Bloranews.com, Rabu (30/01).

 

Ketua Kamaba Madura, Eko Cahyono

Goa Pawon di Dusun Ningalan Desa Ngraho Kecamatan Kedungtuban, Blora

 

Eko Cahyono tidak sendirian berkunjung ke goa buatan tersebut. Dia, bersama kawan-kawannya ditemani pemuda desa setempat. Dijelaskan, tempat tersebut dikenal dengan nama Goa Pawon lantaran di sini dilakukan penambangan untuk membuat pawon (tungku masak tradisional).

“Di dalamnya, ada banyak kelelawar. Di luar goa ini, ada sungai kecil yang airnya jernih. Dikelilingi pepohonan, sehingga udaranya masih sangat segar,” imbuh Eko.

Tukar Pikiran Dengan IPNI

Sebelum berkunjung ke Goa Pawon, Kamaba Madura menggelar kerja bakti membersihkan lingkungan Dusun Ningalan bersama pemuda desa setempat. Pemuda dusun tersebut dinaungi dalam Ikatan Pemuda Ningalan, IPNI.

“Usai baksos kemarin, malamnya kita berdiskusi dengan IPNI tentang kepemudaan. Dilanjutkan dengan nonton bareng film Soekarno, untuk memupuk rasa cinta tanah air,” tambah Eko, yang saat ini masih harus menyelesaikan kuliah di Pulau Garam tersebut.

Di sisi lain, IPNI dan masyarakat setempat mengaku senang dengan kehadiran para mahasiswa ini. selain memotivasi pemuda lokal membangun daerahnya, tokoh setempat juga berpesan agar mahasiswa dan pemuda lokal untuk saling bersinergi.

“Oleh Pak Romli, tokoh di lingkungan setempat kita diajak untuk tetap memelihara hubungan baik yang telah terjalin ini. Kita juga dipesan untuk menjauhi Molimo,” pungkasnya.

Menutup paparannya, Eko mengatakan, acara dua hari bertajuk “Muleh Ngabekti Desa” ini terselenggara berkat dukungan dari Yatim Mandiri Cabang Bojonegoro, Rumah Sehat Mandiri Surabaya, komunitas netizen Blora, dan banyak pihak lainnya. (zn)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan