fbpx

HAUL SUNAN POJOK : MALAM INI TAHTIMAN AL QUR’AN BIN NADHOR DAN BUKA KELAMBU

  • Bagikan
Suryanto, Ketua Panitia Haul Sunan Pojok Blora.

Blora – Rangkaian Haul Sunan Pojok Blora akan dimulai malam ini. Agenda yang akan digelar malam ini (16/10) adalah tahtiman Al Qur’an Bin Nadhor dan upacara buka kelambu makam. Puluhan  peziarah telah mendatangi lokasi haul di kompleks makam Sunan Pojok, tak ketinggalan di sekitar lokasi para pedagang cendera mata dan jajanan dari berbagai penjuru telah bersiap melayani para pembeli.

 

Suryanto, Ketua Panitia Haul Sunan Pojok Blora.

 

Suryanto, Ketua Panitia Haul Sunan Pojok tampak mengawasi panitia yang tengah mempersiapkan perlengkapan di lokasi haul.

“Sore nanti sampai malam agendanya tahtiman bin nadhor, dilanjutkan dengan bancakan. Kemudian buka kelambu makam, insyaallah akan dipimpin Kyai Ishad Shofawi malam nanti,” ujar Suryanto yang juga Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora ini, Senin (16/10). Kyai Ishad Shofawi merupakan salah satu ulama terkemuka Blora, saat ini aktif di jajaran Syuriah (majelis penasehat) NU Kabupaten Blora.

Meski rangkaian baru akan dimulai malam, tampak puluhan peziarah telah bergantian mengunjungi makam Sang Sunan. Menurut sejumlah peziarah, mereka berharap berkah dari sesepuh Blora ini.

“Kita sengaja berziarah di awal, mumpung belum padat. Niatnya sih ngalap barokah dari sesepuh Blora ini. Kesannya selama ziaroh tadi, hatinya jadi tenang,” ujar Suswanto, peziarah asal Dusun Ngembag Desa Gabusan Jati.

Untuk besok hari Selasa (17/10) mulai pukul 06.00 WIB digelar Khotmil Qur’an Bil Ghoib. Selasa (17/10) pukul 13.30 WIB digelar Tahlil Umum dan Tausyiah oleh KH Abdul Wahid dari Tayu – Pati. Puncak haul digelar pukul 20.00 WIB dengan agenda Pengajian Akbar dengan tausyiah oleh KH Agus Ali Masyhuri dari Pesantren Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo.

Sesaat sebelum tausyiah, akan dilaksanakan peresmian kompleks Makam Sunan Pojok oleh Bupati Blora.

Seperti diketahui, Kompleks Makam Sunan Pojok Blora telah dilakukan sejumlah renovasi diantaranya, pembangunan joglo utama untuk para peziarah, pembangunan tiga gapura dengan arsitektur paduraksa, pagar, penataan tempat wudhu dan penambahan beberapa ornamen hiasan dan penataan lampu penerangan.

Proyek ini dilaksanakan oleh Dinporabudpar (Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata) Blora dan dikerjakan oleh rekanan CV Lumintu sejak awal bulan Juni lalu. Sumber pendanaannya dari APBD Blora tahun 2017 sebesar 833 juta rupiah.

Reporter : Niam Jamil

 

 

  • Bagikan