HIDAYAH RAMADHAN : ANTONIUS HERNICUS KUSRI HARMANTO DAN PERGULATAN IMANNYA

Kota (20.06.2016) Bulan ramadhan ini merupakan bulan yang istimewa bagi Bapak Kusri(50). Karena, dalam bulan ini pula salah seorang temannya mengikuti jejaknya menjadi seorang muslim.

muallaf blora

Islam memiliki formula keimanan yang sederhana dan rasional foto : Kusri /Antonius Hernicus Kusri Harmanto (kiri) dan Joko Prianto Kanan

Antonius Hernicus Kusri Harmanto adalah nama pak Kusri sebelum menjadi seorang muslim. Pak Kusri lahir dan tumbuh di lingkungan Katolik Roma dan tergabung dalam jemaat Gereja Katolik Purbowardayan Surakarta. Sebagai seorang katolik, pak Kusri telah menjalani berbagai sakramen Katolik.

“Saya beribadah di gereja katolik dekat dengan rumah saya di Surakarta, di gereja katolik Purbowardayan. Saya menjalani berbagai sakramen dan peribadatan, sekalipun tidak secara rutin tetapi sejauh tidak ada halangan saya mengikuti agenda-agenda gereja tersebut” tutur Pak Kusri kepada Bloranews.com.

Keinginannya menjadi seorang muslim bermula dari kajiannya yang mendalam terhadap Al Qur’an pada pasa itu. Kajian ini merupakan tindak lanjut dari kelas katekis yang dulu pernah diikuti pak Kusri.

Perubahan fundamental pun terjadi, ketika kajian Pak Kusri sampai pada surat al Ikhlas beliau menemukan bahwa formula iman seorang muslim sangatlah sederhana dan rasional.

Akhirnya pada tahun 1982, pak Kusri memutuskan menjadi seorang muslim dengan bimbingan dari KH. Asmuni (seorang tokoh agama, guru Ngaji di Mushola Pertamina Bitung).

Masjid Agung Baitunnur Blora merupakan tempat bersejarah bagi pak Kusri dan Joko Priyanto dalam keputusan hidupnya. Di masjid kebanggaan warga Blora ini, Pak Kusrin mendapingi Joko priyanto untuk mengikrarkan keimanannya.

Reporter  : A.M. Fawaidy

Foto      : Az Zulfa

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.