HIMPARISBA BLORA : YANG MUDA, YANG BERAGAMA

HIMPARISBA BLORA

Kajian Islam, salah satu agenda utama Himparisba Blora (insert : Setyo Kukuh, ketua umum Himparisba)]

Kota (19.06.2016) Secara umum, kabupaten Blora merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki tradisi keagamaan yang kental disamping tradisi budaya Jawa yang mengakar. Tradisi keagamaan yang kental ini dilestarikan dalam banyak wajah, salah satunya adalah berbagai kegiatan remaja muslim oleh Himparisba Blora.

Himparisba merupakan kependekan dari Himpunan Pengajian Remaja Islam Blora. Organisasi remaja muslim ini telah berdiri sejak tahun 1979, secara organisatoris Himparisba berada di bawah kontrol dewan Takmir Masjid Agung Baitunnur Blora.

Sebagian besar anggota Himparisba Blora adalah para pelajar muslim Blora yang memiliki kecenderungan untuk mengkaji keislaman. Untuk menjadi anggota Himparisba, para pelajar ini wajib mengikuti sebuah kegiatan pengkaderan yang bernama LKP (Latihan Kepemimpinan Pengajian).

Setyo Kukuh Jatiwibowo (16) merupakan ketua umum Himparisba tahun 2016 / 2017. Perawakan yang bersahaja dan tidak banyak bicara menyiratkan gaya kepemimpinannya yang sederhana. ketua umum Himparisba ini disibukkan dengan berbagai agenda organisasi yang padat pada ramadhan tahun ini.

Kukuh, sapaan akrab pelajar penggemar olahraga catur ini menuturkan bahwa pada ramadhan ini Himparisba memiliki agenda yang padat. “ Agenda dimulai dengan lomba azan pada tanggal 12 juni yang lalu. Selain itu, banyak agenda sosial keagamaan pada bulan ini ” tuturnya.

Bagi Kukuh, mengikuti organisasi keagamaan pelajar semacam Himparisba ini berarti berjuang di tengah zaman hedonisme. “ Kami (Himparisba) sadfar sepenuhnya bahwa zaman kami adalah zaman yang hedonistis. Tapi kami yakin, dengan bimbingan dan arahan dari berbagai pihak kajian keagamaan ini akan mewarnai kehidupan pelajar Blora “ harapnya.

Himparisba dengan berbagai aktivitas pelatihan kepemimpinan dan kajian keagamaannya telah menghasilkan banyak alumni yang berkiprah di berbagai sektor, di dalam maupun di luar kabupaten Blora.

Sebagai catatan, sampai dengan semester pertama 2016 ini Himparisba telah berhasil melaksanakan 60 kali LKP dan telah dipimpin 39 ketua umum.

Reporter  : Amin Mahrus S.

Foto      : Az Zulfa

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.