HINGGA AKHIR JULI BARU 1 KECAMATAN YANG MENYALURKAN BLT DAN DD

Blora- Hingga akhir bulan Juli kemarin, baru Kecamatan Ngawen yang telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) bulan ketiga, untuk penerimaan bulan Juli.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinas PMD) Blora Gartini mengungkapkan, pihaknya menargetkan hingga pekan depan sudah seluruh kecamatan melakukan penyaluran. Sebab, tidak satu bank yang ditunjuk untuk menyalurkan. 

 

Ilustrasi

Ilustrasi

 

”Untuk BLT DD bulan ketiga baru dimulai Kamis (30/7) kemarin. Karena dari pihak desa mengurus KPM (keluarga penerima manfaat) yang sebelumnya dobel. Pihak desa kan harus merevisi Perkades. Karena yang dobel tidak boleh diajukan lagi,” ucapnya. 

Lebih lanjut Gartini menambahkan, pada Selasa depan akan dilakukan penyaluran ke seluruh desa di Kecamatan Todanan dan akan diikuti oleh kecamatan lain. Pihaknya menyatakan DD tahap dua sepenuhnya sudah masuk ke rekening kas desa (RKD). 

Adapun mekanisme penyaluran memang disesuaikan dengan kesiapan desa. Sebelum pencairan, pihak desa mengirimkan data KPM ke bank yang ditunjuk untuk kemudian dibuatkan virtual account. Pihak bank lalu mengisi uang dan lantas menyalurkannya secara tunai kepada KPM.

Dengan virtual akun, bank tidak melakukan potongan sama sekali. Tidak ada potongan bulanan, biaya administrasi, dan hal lain. KPM hanya perlu menyetorkan data nama dan NIK, maka akun virtual sudah bisa digunakan. 

”Soalnya penyalurannya memang dibantu oleh BPR BKK Blora untuk 7 kecamatan, lalu Bank Blora Artha untuk dua kecamatan dan Bank Jateng untuk tujuh kecamatan. Jadi bisa berbarengan, tidak masalah,” pungkasnya. (Jyk)

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan