fbpx

HPSN 2019, BUPATI MINTA KEBIASAAN PENGGUNAAN BUNGKUS PLASTIK DITINGGALKAN

Nasional (HPSN) 2019
Bupati Blora Djoko Nugroho memimpin apel Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di TPA Temurejo, Blora Kota, Blora

Blora- Bupati Blora Djoko Nugroho meminta kebiasaan menggunakan bungkus plastik pada makanan ringan (snack) dalam rapat mulai ditinggalkan. Pasalnya, sampah plastik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengurainya.

Selain itu, dihimbau agar usai dilaksanakan kegiatan Pemkab, panitia segera mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan tanpa menunggu kedatangan petugas kebersihan. Menurutnya, ini merupakan langkah konkret kepedulian lingkungan.

 

Nasional (HPSN) 2019
Bupati Blora Djoko Nugroho memimpin apel Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di TPA Temurejo, Blora Kota, Blora

 

“Saya minta setiap rapat tidak ada lagi makanan yang pakai bungkus plastik. Saat  acara tertentu, panitia harus mengumpulkan sampah sendiri. Kita semua harus peduli sampah,” ucap Bupati Kokok (sapaan Djoko Nugroho, red) saat memimpin apel Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Temurejo, Blora, Senin (04/03).

Dalam kesempatan itu, Kokok juga membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako kepada petugas kebersihan, gerobak angkut sampah kepada Kelurahan Jetis dan tong sampah kepada Polres Blora.

Menutup sambutannya, Bupati Kokok menegaskan kepedulian sampah dan menjaga lingkungan tetap bersih merupakan tanggung jawab bersama. Dia menyebutkan, melalui momentum HPSN 2019 ini ditargetkan Blora bisa meraih penghargaan Adipura.

 

Inovasi Pengelolaan Sampah Di Blora

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Blora, Dewi Tedjowati mengemukakan, dalam beberapa tahun terakhir pihaknya telah melakukan sejumlah inovasi pengelolaan sampah.

Diantaranya, pengembangbiakan lalat Black Soldier Flay (BSF)untuk mengurai sampah organik, dan pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah Batik. Selain itu, dinas ini juga telah menggelar sejumlah agenda menyambut HPSN 2019 ini.

“Selain melaksanakan kegiatan kebersihan tiap hari Jumat, kami juga melaksanakan talk show di radio bersama kepolisian, serta apel siaga di TPA Temurejo,” jelas Dewi.

Dirinya juga menyebutkan, saat ini Kabupaten Blora memiliki 2 TPA, di Blora Kota dan Cepu. Jumlah tenaga kebersihan yang ada mencapai puluhan pekerja.

Rinciannya, untuk wilayah kecamatan Blora, petugas penyapu jalan sejumlah 32 orang, petugas sampah roda tiga sejumlah 12 orang, petugas truk sampah 6 orang, petugas amroll sejumlah 6 orang dan petugas truk tinja sejumlah 3 orang.

Sedangkan untuk wilayah kecamatan Cepu, petugas penyapu jalan sejumlah 12 orang, petugas truk sampah dan ammrol sejumlah 9 orang dan petugas roda tiga sejumlah 2 orang. (one)