fbpx

IKSAN SKUTER: KARYA BESAR BUKAN LAHIR DARI KONDISI YANG MUDAH

Karakter suara yang khas dan lantang menyampaikan kritik lewat lagu dimiliki oleh pria kelahiran Blora yaitu Muhammad Iksan. Ia dikenal dengan nama Iksan Skuter. Menurutnya, banyak sesuatu yang ingin diungkapkan dalam sebuah karya kreatifnya.
Iksan Skuter (Dok: Redhous Art Lab).

Blora – Karakter suara yang khas dan lantang menyampaikan kritik lewat lagu dimiliki oleh pria kelahiran Blora yaitu Muhammad Iksan. Ia dikenal dengan nama Iksan Skuter. Menurutnya, banyak sesuatu yang ingin diungkapkan dalam sebuah karya kreatifnya.

“Karya besar itu bukan lahir dari kondisi mudah. Biasanya dari kondisi yang susah,” ungkapnya usai Safari Ramadhan Langgam Langsam yang diinisiasi oleh Pondok Langgeng, Senin (25/4) di Omah Mojopahit Blora.

Ia berharap, acara serupa kerap diselenggarakan guna memicu industri kreatif lainnya. Kesenian itu menghidupi sektor industri kreatif, mampu memajukan daerahnya mulai kabupaten sampai lapisan paling bawah.

“Semoga acara seperti ini menjadi acara rutin yang diselenggarakan karena mampu mentrigger industri kreatif di Blora tempat saya lahir. Ia (industri kreatif) menjadi duta atas kotanya. Ivent ini semoga berkelanjutan. Desanya maju, kotanya maju, semua maju karena menjadi pemantik dan bisa menghidupi,” ujarnya yang saat ini berdomisili di Malang, Jawa Timur.

Kesenian Blora sendiri tidak kalah dengan kesenian lainnya. Iksan menilai banyak potensi Blora yang seharusnya bisa maksimalkan. Dalam hal Kesenian misalnya barongan, tari tayub dan potensi-potensi Blora lainnya.

“Seniman dan pelaku kreatif di Kota Blora jangan patah semangat untuk tetap konsisten dalam apa yang diperjuangkan. Karya itu seperti anak kandung, sebagai seniman punya kewajiban untuk menghidupi, membebaskan dan melindungi karya,” pesannya. (Jam).