fbpx

IKUT PERTEMUAN CAGUB, 15 KADES AKAN DIPANGGIL PANWAS

  • Bagikan
Kunjungan cagub Jateng Sudirman Said ke Desa Jipang Kecamatan Cepu, Senin (19/02).

Blora – Sebanyak 15 Kepala Desa dari Kecamatan Cepu dan Sambong, Kabupaten Blora akan dipanggil Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Blora. Hal itu terkait kehadiran mereka dan berfoto bersama Cagub Jawa Tengah, Sudirman Said, saat berkunjung di Desa Jipang, Kecamatan Cepu, Senin (19/2) lalu.

 

Kunjungan cagub Jateng Sudirman Said ke Desa Jipang Kecamatan Cepu, Senin (19/02).

 

“Ini sudah disiapkan surat pemanggilan. Akan kita layangkan segera suratnya untuk kami lakukan klarifikasi,” ujar Sugie Rusyono, Anggota Panwaskab Blora, dikantornya Rabu (21/2/2018).

Menurutnya, pemanggilan ini berdasarkan temuan dari jajaranya. Dan jelas-jelas terlihat ada kades yang masih berseragam dinas, justru mendatangi acara tersebut. ”Malah, masih ada yang berbaju keki ikut yang datang dalam pertemuan itu,” ungkapnya.

Hal ini terkait dengan netralitas kades dalam Pilgub dan larangan berpolitik praktis. Mengacu UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa adanya keharusan kades untuk netral.

Diketahui, kunjungan Sudirman Said ke Blora, mengunjungi lokasi pengiriman beras ke Palestina di gudang relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) kemanusiaan, yang berada di Desa Jipang Kecamatan Cepu, Blora.

Sugie menjelaskan, bisa saja jumlahnya akan bertambah lagi. Sebab, jumlah kades itu masih sementara yang mendatangi pertemuan dari tiga kecamatan. Sampai saat ini, Panwas sendiri masih terus melakukan pendalaman terkait kehadiran para kades itu. ”Kades yang hadir itu dari kecamatan, Cepu, Sambong dan Kedungtuban,” imbuhnya.

Setidaknya, Panwas ingin mengetahui tujuan sebenarnya para kades hadir dalam pertemuan tersebut. Ada kepentingan apa dengan kehadiran mereka. Apakah menjadi tim sukses atau hanya sekedar datang sebagai undangan. Namun, setelah klarifikasi, Panwaskab juga akan melakukan kajian terlebih dahulu, termasuk dalam dugaan pelanggaran atau tidak.

“Kalaupun nantinya akan ada hal yang dianggap melanggar, akan diserahkan kepada pemangku kebijakan langsung,” beber Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaskab Blora ini.

Sementara itu Ketua Panwaskab Blora Lulus Mariyonan menekankan, untuk kades yang masuk dalam temuan panwaskab, dipastikan akan dipanggil. ”Minggu ini akan kami panggil semua kades itu,” ujarnya.

Reporter : Ngatono

  • Bagikan