fbpx

INI BATIK ASIAN GAMES 2018 KARYA DIFABEL BLORA

  • Bagikan
Pengurus Difabel Blora Mustika, Kandar, memamerkan batik bermotif Asian Games 2018.

Blora – Perhelatan olahraga Asian Games 2018 disambut antusias banyak kalangan. Tak terkecuali, para penyandang disabilitas Blora. Melalui tangan-tangan kreatif seniman Difabel Blora Mustika (DBM), lahirlah batik Blora bercorak Asian Games 2018.

Pengurus DBM, Kandar mengungkapkan, harga yang dipatok untuk satu lembar batik Blora bermotif Asian Games 2018 hanya Rp. 300 ribu.

 

Pengurus Difabel Blora Mustika, Kandar, memamerkan batik bermotif Asian Games 2018.

 

“Untuk satu motif batik cap Asian Games dengan panjang 2 meter dijual dengan harga Rp 300 ribu. Kita lihat dulu responnya, kalau bagus kita buat banyak,” jelas Kandar, seperti dikutip media online Detik Selasa (31/07).

Kandar menambahkan, pembuatan batik bermotif Asian Games 2018 ini tergolong rumit. Pasalnya jumlah warna yang digunakan cukup banyak, selain itu adanya lobang antar warna yang membuat penampilan batik ini semakin artistik.

 “Batik ini memiliki warna dasar hitam dengan kombinasi tujuh warna lain. Ada tiga jenis motif yang telah diciptakan dengan tema Asian Games. Semua lubangnya kecil-kecil sehingga harus hati-hati saat proses pewarnaannya,” lanjutnya.

Meski rumit, Kandar dan rekan-rekannya tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan pembuatan batik ini. Mulai dari proses rancangan hingga finishing, hanya dibutuhkan waktu tiga hari.

“Proses pembuatan batik ini murni dilakukan oleh para penyandang difabel, mulai dari perancangan motif sampai produksi.Hari Minggu sudah kita rancang, Senin pagi kami buat dan sorenya sudah jadi,” pungkasnya.

 

 

Reporter : Ika Mahmudah

 

  • Bagikan