INI ORANG YANG AKAN MENDAPATKAN VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA

Blora- Pemerintah Kabupaten Blora mengajukan sebanyak 600 ribu vaksin Covid-19 kepada Pemerintah Pusat. Nantinya dalam pemberian tahap pertama vaksin tersebut akan diberikan kepada tenaga medis (Nakes).

 

INI ORANG YANG AKAN MENDAPATKAN VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA

Ilustrasi vaksin

 

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Henny Indriyanti. Dirinya menyampaikan dari jumah vaksin tersebut 3.500 diantaranya akan digunakan untuk tenaga kesehatan. Kemudian sisanya untuk TNI-POLRI dan masyarakat umum.

“Sudah kita ajukan. Kalau dari jumlah sasaran umur 18-59 tahun itu sekitar 600 ribuan lebih sedikit. Itu nanti pemberiannya bertahap. Tahap pertama nanti nakes dulu. Tapi kapan dimulai, kita masih nunggu. Vaksin kan juga belum dikirim,” terangnya.

Sebagai informasi, berdasarkan surat edaran yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ada 4 tahapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19

1. Tahap pertama dengan waktu pelaksanaan Januari-April 2021

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap pertama adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

2. Tahap kedua dengan waktu pelaksanaan Januari-April 2021

Pada Tahap kedua ini ada dua sub-kategori yang ditetapkan pemerintah untuk melaksanakan program vaksinasi.

  1. Petugas pelayanan publik yaitu TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya meliputi petugas di bandara, pelabuhan, stasiun, terminal, perbankan, perusahaan listrik negara, dan perusahaan daerah air minum, serta petugas lain yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  2. Kelompok usia lanjut atau lebih dari 60 tahun.

3. Tahap ketiga dengan waktu pelaksanaan April 2021-Maret 2022

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga adalah masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

4. Tahap keempat dengan waktu pelaksanaan April 2021-Maret 2022

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ke-empat adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya dengan pendekatan kluster sesuai dengan ketersediaan vaksin. (Jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan