fbpx

INI TUJUH JENIS USAHA YANG ADA DI BUMDes MANDIRI MAKMUR DESA KEMIRI JEPON

Berbagai jenis usaha yang dilaksanakan BUMDes Mandiri Makmur Desa Kemiri Kecamatan Jepon.

Jepon – Sebanyak tujuh jenis usaha dilaksanakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Makmur Desa Kemiri Kecamatan Jepon. Sebagian besar usaha yang dijalankan, berhubungan langsung dengan sektor pertanian.

Selain itu, BUMDes Mandiri Makmur merupakan satu-satunya BUMDes di Kabupaten Blora yang memiliki gedung. Keberadaan gedung ini diharapkan dapat menunjang fungsi BUMDes sebagai motor penggerak perekonomian di desa tersebut.

BACA JUGA :  ADA DAGING SAPI DAN TOUR DE KANDANG DI APLIKASI BELANJA PALON.ID

 

Berbagai jenis usaha yang dilaksanakan BUMDes Mandiri Makmur Desa Kemiri Kecamatan Jepon.

 

“Dengan adanya gedung BUMDes ini kami berharap bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi pedesaan dimulai dari sektor pertanian. Karena kebanyakan warga kami adalah para petani,” jelas Kepala Desa Kemiri, Sutrisno, Minggu (29/07).

Tujuh usaha yang dijalankan BUMDes Mandiri Makmur meliputi pelayanan PAM Desa, pembayaran token listrik, jasa irigasi pertanian dari embung desa, simpan pinjam beras, jual beli sarpras pertanian, penjualan pupuk non subsidi, dan usaha peternakan penggemukan sapi.

BACA JUGA :  PEDULI ANAK YATIM, BUMDes NAWA KARTIKA BUANA SIDOMULYO ADAKAN SANTUNAN

Merespon hal ini, Bupati Blora Djoko Nugroho menyatakan akan membantu pengembangan BUMDes tersebut dengan mengupayakan usaha penjualan gas elpiji dan pupuk bersubsidi.

“Nanti coba saya bantu agar bisa dikembangkan untuk usaha elpiji dan pupuk subsidi. nanti keuntungannya juga untuk membangun desa ini sendiri sebagai Pendapatan Asli Desa. Semoga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Kemiri,” ucap Bupati Djoko Nugroho.

BACA JUGA :  PROSPEK MENGGIURKAN, BUMDES NGLOBO RENCANAKAN BUDI DAYA IKAN AIR TAWAR

 

Reporter : Ika Mahmudah