JAGA DAYA TAHAN TUBUH, DKK BLORA: KITA SEMAU GARDA TERDEPAN

Blora- Di tengah pandemi Covid-19 yang tengah terjadi saat ini, berbagai upaya sudah banyak dilakukan baik oleh Pemerintah Kabupaten Blora, kelompok organisasi, komunitas bahkan perseorangan untuk memutus rantai persebaran virus Covid-19. Senin (13/04).

 

Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Lilik Hernanto, SKM, M.Kes di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19

 

Mulai dari gerakan cuci tangan pakai sabun, penyemprotan disinfektan bahkan sampai pembagian masker kepada masyarakat. Hal ini untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mencegah persebaran Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, Lilik Hernanto di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, usai mendampingi Bupati dalam konferensi pers menyampaikan, bahwa angka kematian di Indonesia cukup tinggi yakni 9 persen. Sehingga masyarakat diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pencegahan secara terus menerus.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kita semua adalah garda terdepan, bukan petugas kesehatan. Petugas kesehatan adalah pertahanan terakhir kalau sudah di rumah sakit atau puskesmas,” ucapnya.

Lebih lanjut, Lilik sapaan akrabnya menambahkan, bahwa di Kabupaten Blora hanya ada dua RSUD yaitu RSUD dr. R. Soetijono Blora dan RSUD dr. R. Soeprapto Cepu. Sedang untuk ruang isolasi hanya ada sepuluh.

“Jumlah penduduk Blora hampir 900 ribu orang. Untuk itu kita harus memperhatikan orang yang sehat ini bisa tetap sehat, caranya dengan mematuhi anjuran dan himbauan dari pemerintah. Baik dari pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan hingga desa,” imbuhnya.

Lilik juga meminta agar seluruh masyarakat Blora khususnya agar taat dan patuh serta selalu jaga jarak. Karena virus Corona ini disebarkan melalui manusia ke manusia dan cairan dari mulut atau hidung (droplet).

“Baik droplet dalam bentuk bersin, batuk, maupun ingus.  Hal ini bisa kita cegah dengan memakai masker. Oleh sebab itu kita semua wajib memakai masker. Mari kita patuhi anjuran ini,” pungkasnya.(jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan