JELANG IMLEK 2019, BERBURU BERKAH DI TAHUN BABI TANAH

Blora- Perayaan tahun baru Imlek 2019, atau tahun 2570 dalam kalender bangsa Tiongkok akan berlangsung dalam hitungan hari. Dalam astrologi Tionghoa, pada 5 Februari nanti akan memasuki tahun Babi Tanah.

Sejumlah persiapan pun dilakukan. Di rumah-rumah warga etnis Tionghoa, maupun di sejumlah kelenteng. Tak terkecuali, di kelenteng Hok Tik Bio, kawasan Jalan Pemuda Kota Blora, Kabupaten Blora.

 

Persiapan jelang Imlek 2570

kelenteng Hok Tik Bio Blora

 

Bloranews.com berkunjung ke kelenteng ini untuk melihat lebih dekat persiapan jelang perayaan menyambut datangnya Tahun Babi Tanah. Terpantau, di halaman kelenteng, persiapan belum terlihat sibuk.

“Kita baru bersih-bersih. Kalau datang hanya untuk foto-foto sih gapapa. Yang penting, mohon tidak memasuki ruang sembahyang,” ujar Min (50), penjaga kelenteng Hok Tik Bio, Sabtu (02/02).

Kepada Bloranews.com, Min mengaku akhir-akhir ini cukup sibuk. Pasalnya, wanita paruh baya ini harus membersihkan altar di ruang sembahyang. Menyiapkan sesajian di depan patung dewa, dan memberi wewangian.

Persiapan jelang Imlek 2570, nyatanya tidak mengganggu aktivitas harian yang ada. Kegiatan senam kebugaran untuk ibu-ibu masih terus berjalan. Demikian pula dengan latihan bela diri dan sejumlah aktivitas lainnya.

“Iya tetap berjalan, biasanya ada latihan bela diri, aerobik dan yoga,” imbuh Min.

Di kompleks kelenteng, terbentang luas halaman dengan pepohonan nan hijau. Tampak gapura kelenteng juga belum selesai direnovasi. Sementara, disebelahnya terdapat aula pertemuan yang kerap digunakan berlatih bela diri.

Tak hanya itu, di tempat ini juga disediakan satu bangunan khusus tempat tinggal penjaga kelenteng, satu ruangan yang menjadi sekretariat Majelis Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) Blora, serta satu bangunan untuk ibadah.

“Biasanya, kalau pagi banyak yang datang. Banyak yang dari Blora sendiri, banyak pula yang dari luar kota, Surabanya misalnya,” pungkas Min. (mus)

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.