fbpx

JELANG LEBARAN KURBAN, KANDANG DISEMPROT DISINFEKTAN

Petugas gabungan melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh kandang sapi dan kambing di seluruh Kabupaten Blora. Penyemprotan dilakukan menjelang lebaran kurban guna memutus rantai Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 
Petugas menyemprotkan disinfektan di kandang.

Blora, BLORANEWS – Petugas gabungan melakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh kandang sapi dan kambing di seluruh Kabupaten Blora. Penyemprotan dilakukan menjelang lebaran kurban guna memutus rantai Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Kapolres Blora AKBP Aan Hardiansyah melalui Kabag Ops Kompol Sudarno menjelaskan bahwa penyemprotan dilakukan hingga pelosok desa dengan melibatkan Forkopincam hingga unsur pemerintah desa bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa serta petugas kesehatan hewan setempat.

BACA JUGA :  11 SAPI SEMBUH DARI PMK

“Upaya mitigasi dalam penanganan wabah PMK yang mewabah di Blora sama dengan penanganan pandemi Covid-19 ya itu dengan cara pembatasan perpindahan hewan ternak yang ada di wilayah Blora untuk mencegah penularan PMK,” jelas Sudarno (7/7). 

Pihaknya berharap, dalam penanganan PMK akan terus dikoordinasikan, karena dalam waktu dekat akan dilaksanakan Hari Raya Idul Adha, tentu akan banyak dilaksanakan kurban. Diharapkan juga untuk hewan kurban dalam keadaan sehat atau negatif PMK.

BACA JUGA :  TERBANYAK DI JAWA TENGAH, BLORA MILIKI 260 RIBU EKOR SAPI

“Semua pihak pemerintah, TNI, Polri dan peternak bersinergi dalam upaya pencegahan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dan Polres Blora melalui Polsek di 16 kecamatan akan ikut melakukan pemantauan terhadap hewan kurban pada saat Hari raya Idul Adha nanti,“ tandasnya. (Jam).