JELANG PILKADES, WARGA ANTUSIAS DAFTAR JADI BPD




Ngawen- Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Blora 2019, terlebih dahulu dilakukan pengisian posisi Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Di sejumlah desa, warga antusias mendaftar menjadi calon anggota BPD.

 

Ilustrasi

Salah satunya, di Desa Bandungrojo Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora. Desa yang memiliki 3 dusun ini hanya memiliki kuota 7 anggota BPD. Akan tetapi, hingga pendaftaran ditutup hari Jumat (10/05) jumlah pendaftar mencapai 43 orang.
Sebanyak 7 posisi BPD tersebut terdiri atas, 2 orang untuk mewakili Dusun Banjarkerto, 2 orang untuk mewakili Dusun Bandungrojo, 2 orang untuk Dusun Karangrowo, dan 1 orang sebagai perwakilan perempuan.
Panitia Pemilihan BPD Desa Bandungrojo, Nur Rohman mengungkapkan, sebanyak 43 pendaftar tersebut berasal dari Dusun Banjarkerto (3 orang), Dusun Karangrowo (34), Bandungrojo (2 orang), dan perwakilan perempuan (4 orang).
“Pendaftaran ditutup pada Jumat (10/05). Dari 43 orang tersebut, sebanyak 6 orang dicoret karena tidak berdomisili di dusun setempat,” terang Nur Rohman di Balai Desa Bandungrojo, Minggu (12/05).
Dengan dicoretnya 6 orang tersebut, maka jumlah pendaftar BPD di Desa Bandungrojo menjadi 37 orang. Tahapan selanjutnya, para pendaftar harus melengkapi berkas administrasi. Pemilihan BPD di desa ini akan dilaksanakan pada 18 Mei mendatang.

Pilkades Serentak Diundur
Sebagai informasi, Pilkades Serentak Kabupaten Blora 2019 akan diikuti sebanyak 244 desa. Semula, Pilkades Serentak dijadwalkan akan berlangsung pada 24 Juli 2019. Akan tetapi, karena suatu sebab, pelaksanaan Pilkades diundur.
“Penyebabnya karena itu dino tompo seren,” ujar Bupati Blora Djoko Nugroho, seperti dikutip Teras.id
Tompo seren, menurut mitologi jawa dipercaya sebagai hari yang harus dihindari saat melaksanakan perhelatan besar. Jika tetap melaksanakan hajat tersebut, dipercaya akan berakibat buruk atau menimbulkan malapetaka.
Kepercayaan ini, membuat sebagian besar calon kepala desa Akhirnya, Pilkades Serentak Kabupaten Blora 2019, akan dilaksanakan pada 4 Agustus 2019. (Top)

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.