fbpx

KABAR KAMPUS : DI ORSKA, SANTRI-MAHASISWA MEMBAHAS MARAKNYA PLAGIASI KARYA ILMIAH

  • Bagikan
puket I bidang akademik
Puket I Bidang Akademik STAI Khozinatul Ulum Blora, I.A Bashori S.HI M.Si berdiskusi dengan peserta Orska

Blora- Hari kedua Orska (Orientasi Studi Kampus) STAI Khozinatul Ulum Blora mengagendakan diskusi antara peserta Orska dengan Pembantu Ketua I Bidang Akademik STAI Khozinatul Ulum Blora, Imam Ali Bashori S.HI M.Si.

Imam Alba, sapaan akrab Imam Ali Bashori S.HI M.Si, memantik diskusi dengan menyampaikan sejarah berdirinya kampus peradaban tersebut. Kepada para peserta Orska Imam Alba menceritakan bahwa embrio STAI Khozinatul Ulum Blora berawal dari Sekolah Tinggi Agama Islam Shalahuddin Al Ayyubi, sebuah perguruan tinggi agama islam yang ada di Jakarta.

Sepanjang perjalannya, STAI Khozinatul Ulum selalu mengalami progresifitas. Tahun 2007, embrio ini menjadi STIU ( Sekolah Tinggi Ilmu Ushuluddin) Khozinatul dan tahun 2012 menjadi STAI Khozinatul Ulum Blora. Imam Alba juga menjelaskan bahwa progresifitas ini diimbangi dengan bertambahnya prodi yang disediakan.

Pemaparan dan diskusi sejarah kampus dan tradisi akademik di Khozinatul Ulum ini menuai respon positif dari peserta Orska. Nafis Syamsiyah, peserta Orska jurusan Tarbiyah/PGMI mengaku terinsiprasi dari diskusi tersebut. “Tutornya inspiratif, karena selain membicarakan sejarah kampus tutor juga menyampaikan bahwa kampus ini telah banyak berkiprah di daerah. Misalnya pernah melakukan kajian bersama Bappeda Blora dan institusi-institusi lain di Blora” tuturnya.

Pernyataan senada juga muncul dari Zaini Maftukhin, peserta Orska jurusan Ushuluddin/Tafsir Hadis. “Sejarah kampus sangat penting, karena untuk tahun-tahun ke depan kita akan menjalani studi di kampus ini. Pemateri juga menjelaskan tentang tradisi akademik di kampus ini, selain itu juga mengkritik maraknya plagiasi karya ilmiah di dunia perguruan tinggi. Ini menjadi motivasi bagi saya untuk menyusun karya ilmiah dengan tidak menjiplak karya akademisi lain” tutur Mahasiswa asal desa Ngumbul-Todanan ini.

Orska masih akan berlangsung sampai hari Jumat depan (09.09.2016). Hari kamis(08.09.2016), diagendakan sebuah diskusi dengan tema “Penggairahan Organisasi” dengan pemantik diskusi Yusuf Ahsin Saqo S. Hum di Kampus Peradaban STAI Khozinatul Ulum Blora [.]

Reporter          : M. Arif Syaifuddin
Foto                 : M. Eko Hadi

 

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!