KADES MUNDUR JADI CALEG, DESA BOGOREJO PERSIAPKAN PILKADES PAW

Blora – Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Bogorejo Kecamatan Bogorejo Kabupaten Blora akan digelar 14 November mendatang. Pasalnya, pemerintah desa tersebut sempat mengalami kekosongan kepemimpinan pasca mundurnya Anif Mahmudi, Kepala Desa Bogorejo.

“Ini baru selesai rapat. Sudah ditetapkan calon yang lolos administrasi. Panitia dan BPD yang akan menentukan mekanisme pemilihan,” terang Suprapto, Penjabat (PJ) Kades Bogorejo kepada Bloranews.com, Selasa (7/11) malam, pukul 21.00 WIB.

Suprapto menjelaskan, sebelumnya Kades Bogorejo mengundurkan diri karena ikut mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Kabupaten Blora pada pemilu 2019. Sehingga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat pun membentuk panitia untuk melaksanakan pilkades PAW. Paniti tersebut dibentuk untuk melaksanakan seleksi administrasi dan menggelar pilkades PAW.

 

Dua Calon Kades PAW Desa Bogorejo menunjukkan nomor undian di depan peserta Musdes

Dua Calon Kades PAW Desa Bogorejo menunjukkan nomor undian di depan peserta Musdes

 

“Tadi panitia sudah menetapkan calon yang lolos seleksi administrasi,” ujar dia yang juga menjabat Kepala Seksi Pembangunan Kecamatan Bogorejo itu.

Kata dia, selanjutnya panitia bersama BPD akan menentukan unsur perwakilan yang akan mengikuti Musyawarah Desa (Musdes) pilkades PAW. Sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Blora dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 12 Tahun 2018.

“Nanti ada unsur-unsur perwakilan yang akan ditetapkan sebagai peserta musdes. Sesuai Perda dan Perbup Pilkades PAW. Saya lupa pasal-pasalnya,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Aris Setyo Nugroho, Ketua Panitia Pilkades PAW telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan penjaringan bakal calon (balon) kepala desa secara administrasi. Pihaknya pun saat ini telah menetapkan dua calon yang lolos administrasi.

“Kami akan menetapkan dua calon kades. Selanjuntnya kami akan melaksanakan rapat bersama BPD untuk persiapan Musyawarah Desa (Musdes),” jelas Yoyok, sapaan akrabnya.

Diketahui, pilkades PAW ini akan diikuti oleh dua orang calon yakni Hartati dengan nomor urut 1 (satu) dan Jaryoko nomor urut 2 (dua) .

Lebih lanjut, dalam Musdes tersebut akan melaksanakan musyawarah mufakat atau pemungutan suara pemilihan kades. “Untuk Musdesnya akan dilaksanakan hari Rabu tanggal 14 November,” ungkapnya.

Dalam rapat penetapan cakades PAW dihadiri dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Bogojero, yakni Camat yang diwakili Kasi Pemerintahan, Kapolsek dan Danramil yang diwakili Babinsa setempat. (not)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.