fbpx

KARANG TARUNA BLORA AGENDAKAN BULAN BAKTI GELAR POTENSI DESA

  • Bagikan
Edy Yulianto , Sekretaris Karang Taruna Blora. Foto : Bloranews

Blora- Dalam waktu dekat, Karang Taruna Blora akan mengadakan Bulan Bakti Gelar Potensi Desa. Agenda tersebut akan menjadi kompetisi para pemuda Karang Taruna dalam memperkenalkan potensi ekonomi desa masing-masing. Informasi tersebut disampaikan oleh Edy Yulianto, Sekretaris Karang Taruna Blora.

Edy Yulianto , Sekretaris Karang Taruna Blora. Foto : Bloranews

“Bulan Bakti Gelar Potensi Desa ini menjadi wadah bagi para pemuda Karang Taruna untuk mempromosikan potensi ekonomi desa masing-masing. Ini adalah agenda konkret para pemuda dalam pembangunan daerah” jelasnya.

Menurut data yang ada pada Karang Taruna kabupaten Blora, jumlah kepengurusan Karang Taruna desa yang telah memiliki SK adalah 190 desa. Pendataan terus dijalankan mengingat di Blora terdapat 295 desa. “Pendataan ini dilakukan untuk memudahkan koordinasi lintas kepengurusan” ujar Edy.

Kepengurusan Karang Taruna berjenjang dari kepengurusan tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga kepengurusan pusat. Fokus kegiatan Karang Taruna adalah pembinaan dan pemberdayaan pemuda, khususnya yang berada di tingkat akar rumput. Sistem keanggotaan Karang Taruna bersifat stelsel-pasif, artinya setiap WNI yang berusia 11 – 45 tahun secara otomatis menjadi anggota Karang Taruna.

Untuk melaksanakan tugasnya dalam pembinaan dan pemberdayaan pemuda, pendanaan Karang Taruna diperoleh dari iuran sukarela, dari anggota maupun dari sumber dana lainnya.

“Hak Karang Taruna desa adalah 5 % dari ADD. ini untuk menunjang kegiatan Karang Taruna di desa. Namun, tidak semua desa di Blora memberikan hak ini kepada Karang Taruna. Ke depan perlu ada transparansi agar hal ini tidak menjadi polemik di kemudian hari“ himbau Edy [.]

Reporter : Jack Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan