fbpx

KARANG TARUNA DESA PALON TAMPILKAN PAGELARAN TEATER “GEGER SAMIN”

  • Bagikan
Pagelaran teater Geger Samin digelar di punden (cikal bakal) Desa Palon Kecamatan Jepon, Jumat (27/07).

Jepon – Untuk memeriahkan pesta adat tahunan Sedekah Bumi, Karang Taruna Desa Palon Kecamatan Jepon menampilkan pagelaran teater dengan lakon Geger Samin. Lakon tak wajar ini ditampilkan para pemuda desa setempat untuk memastikan generasi muda tak melupakan perjuangan Ki Samin Surosentiko dalam melawan kekejaman kolonial.

Ketua Karang Taruna Desa Palon, Gunawan menceritakan sedikit alur cerita Geger Samin. Kisah Geger Samin menceritakan kondisi Blora dibawah kekuasaan Kasunanan Surakarta. Pemerintah Kolonial yang saat itu dekat dengan istana terus membebani rakyat dengan pajak, dan merampas hasil bumi.

 

Pagelaran teater Geger Samin digelar di punden (cikal bakal) Desa Palon Kecamatan Jepon, Jumat (27/07).

 

“Tak hanya hasil pertanian, mereka juga mengeksploitasi hasil hutan dengan membabi buta, dipimpin seorang pejabat kolonial bernama Kapten Jacob. Nah, rakyat pun berusaha melawan. Perlawanan rakyat ini dipimpin Ki Samin,” ujar Gunawan, Jumat (27/07).

Kisah pun berlanjut, Ki Samin bersama rakyat menolak membayar pajak. Pembangkangan ini membuat pemerintah kolonial meradang. Berbagai cara pun dilakukan untuk menghentikan pembangkangan ini. Salah satunya dengan menekan rakyat melalui kekuatan militer.

“Rakyat makin sengsara, tidak sedikit yang menyerah dengan keadaan itu. Namun, Ki Samin dan pengikutnya tetap melawan sampai akhirnya perang fisik pun tak terhindarkan,” lanjutnya.

Kalah jumlah dan kalah persenjataan, Ki Samin pun berhasil ditangkap tentara kolonial. Bersama pengikutnya, Ki Samin dibuang ke Sumatera. Kolonial pun semakin leluasa menjarah hasil bumi Kabupaten Blora.

“Kita berharap, generasi muda tidak melupakan perjuangan Ki Samin dan para pengikutnya. Semoga, penampilan ini tidak berakhir sebagai hiburan saja, namun juga dapat memotivasi kita melanjutkan perjuangan pendahulu,” pungkasnya.

Pagelaran teater Geger Samin ini terselenggara berkat kerja sama Karang Taruna dengan  para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada yang tengah bertugas di desa tersebut.

 

Reporter : Abdul Ghofur

  • Bagikan