fbpx

KAWAH KESONGO MELETUS SESAAT SEBELUM BUKA PUASA

Letusan Kawah Kesongo

Jati, BLORANEWS – Kawah Oro-oro Kesongo yang berada di Desa Gabusan, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora kembali meletus. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (11/4) sore sesaat sebelum berbuka puasa.

Dalam sebuah video amatir yang diunggah oleh akun _infoblora melalui akun instagramnya menunjukkan, sebuah lumpur panas berwarna hitam menyembur ke arah langit. Terlihat tidak ada aktivitas warga yang berada di dekat kawah panas tersebut.

“Gurdo lagi. Kesono meletus lagi.. Hari ini Selasa 11 April 2023 kurang lebih pukul 17.15 WIB. Semoga mandali,” tulis akun _infoblora, Selasa (11/4/2023).

Kepala Desa Gabusan, Parsidi saat dikonfirmasi membenarkan adanya erupsi di kawah Kesongo itu. Ia menjelaskan, gas yang muncrat tersebut terjadi sore hari sebelum maghrib tiba.

“Iya tadi. Tidak ada korban jiwa,” ucapnya ringkas.

Dijelaskan, meskipun tidak ada korban jiwa namun letusan lumpur bercampur gas tersebut tingginya mencapai puluhan meter.

“Tingginya sekitar 30 meteran. Meletus 2 kali,” ungkapnya.

Meski letusan kali ini tidak mengganggu aktivitas warga, namun Kades Gabusan itu mengimbau agar warga tetap waspada dan tidak mendekat ke Kawah kesongo. (Jam)