fbpx
Adv  

KEBERANGKATAN 637 CALON JEMAAH HAJI BLORA TERBAGI TIGA KLOTER

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora, HM Fatah.

Blora, BLORANEWS – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora, HM Fatah menjelaskan, jumlah calon jemaah haji (CJH) dari wilayah kabupaten setempat yang sudah fiks akan berangkat ke tanah suci Mekah sebanyak 637 orang.

“Itu sudah fix, besok rencana saya akan sowan Pak Bupati untuk melaporkan. Jadi rinciannya calon jemaah haji dari Blora 637 orang, kemudian ditambah 6 petugas haji daerah (PHD) dan 1 pembimbing ibadah (KBIH), sehingga totalnya 643,” jelas HM Fatah di ruang kerjanya, Selasa (30/5/2023).

Menurut rencana, jumlah CJH asal Blora itu akan terbagi tiga kloter. Yakni, kloter 92 sebanyak 109 calon jemaah haji Blora yang bergabung dengan CJH dari Kabupaten Rembang. Kemudian Kloter 93 sebanyak 355 calon jemaah haji asal Blora semua. Sedangkan kloter 94 sebanyak 179 orang.

“Kloter 92, 93, 94 sesuai rencana berangkat tanggal 21 Juni 2023. Hanya saja untuk kloter 94 calon jemaah haji Blora ini akan digabungkan dengan calon jemaah haji dari kabupaten mana masih belum ada informasi, jadi masih kami tunggu, segera kami sampaikan kalau sudah ada informasi,” terangnya.

Untuk keberangkatan CJH 2023 ini, seperti tahun sebelumya akan dilaksankan di pendopo rumah dinas Bupati Blora.

“Insya Allah, nanti Pak Bupati yang akan memberangkatkan langsung,” katanya.

HM Fatah menyebut, rangkaian proses sudah dilakukan untuk memenuhi persyaratan calon jemaah haji asal Blora.

“Mulai dari pengurusan paspor, pemeriksaan kesehatan secara berkala hingga pelaksanaan manasik haji baik tingkat Kabupaten maupun di tingkat kecamatan,” kata HM Fatah.

Dikatakannya, untuk manasik haji perlu dilakukan untuk melatih para calon jemaah haji dalam prosesi nanti di tanah suci.

“Mereka biar tahu saat di sana, praktek langsung sebelum benar-benar melaksanakan rukunnya di sana, jadi di sini dilatih dulu, agar tidak kaku dan bisa melaksanakan,” tambahnya.

Pihaknya meminta kepada calon jemaah haji asal Blora untuk menjaga kesehatannya secara mandiri agar nantinya semua rukun haji bisa dilaksanakan semuanya.

“Ibadah haji merupakan ibadah fisik, maka para calon jemaah haji kami menjaga kesehatannya secara mandiri agar semua rukun haji bisa dilaksanakan secara sempurna,” tambahnya.

HM Fatah menyebut, masyarakat Blora yang mendaftar Haji di tahun 2023, daftar tunggunya hingga 31 tahun. (Dinkominfo Blora).