fbpx

KECAMATAN TUNJUNGAN : JANTUNG PENDIDIKAN KABUPATEN BLORA

  • Bagikan
Tugu Tunjungan
Tugu yang terdapat di Kecamatan Tunjungan

Tunjungan ( 02/03/2016 ) Sebagai Kabupaten yang sedang berkembang, Blora membutuhkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkualitas. Mengelola Penduduk Blora yang berjumlah 848.369 jiwa bukanlah perkara yang mudah, dengan manajemen yang salah jumlah ini akan berubah menjadi masalah. Salah satu cara mengatasi berbagai problematika di Kabupaten Blora adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Kabupaten Blora. Dari enam belas kecamatan di Kabupaten Blora, Kecamatan Tunjungan merupakan kecamatan yang memiliki potensi pendidikan yang tinggi di Kabupaten Blora.

 

Tugu Tunjungan
Tugu yang terdapat di Kecamatan Tunjungan

 

Kecamatan Tunjungan memiliki lima belas desa / kelurahan. Saat ini dipimpin oleh Drs. Heni Ariyanto MM Sebagai Camat Tunjungan. Secara Geografis Kecamatan Tunjungan berada di sebelah barat Kecamatan Blora. Berbatasan dengan Kabupaten Rembang di sebelah utara, Kecamatan Blora di sebelah timur, Kecamatan Banjarejo di sebelah selatan dan Kecamatan Ngawen di sebelah barat. Kecamatan Tunjungan merupakan rumah bagi banyak sekolah menegah atas ataupun sekolah kejuruan. Tidak heran pada Masa Penerimaan Peserta Didik Baru, sekolah – sekolah di Kecamatan Tunjungan kerap menjadi referensi bagi banyak pelajar di Kabupaten Blora.

 

Kecamatan Tunjungan
Kantor Kecamatan Tunjungan

 

Berbagai pilihan sekolah menengah atas tersedia di Kecamatan Tunjungan, banyak akademisi di Kabupaten Blora yang percaya bahwa Kecamatan Tunjungan dapat diproyeksikan menjadi Kecamatan Pusat Pendidikan di Kabupaten Blora.

Harapan para akademisi ini didasarkan pada jumlah Sekolah Menengah Atas ( SMA ) / sederajat di Kecamatan Tunjungan lebih banyak daripada kecamatan lain di Kabupaten Blora. Dua teratas sekolah menengah atas / sederajat di Kecamatan Tunjungan adalah SMA Negeri 1 Tunjungan dan SMK Negeri 1 Blora. Keduanya merupakan sekolah – sekolah favorit di Kabupaten Blora.

SMA Negeri 1 Tunjungan terletak di Jalan Jendral Gatot Subroto KM 04 nomor 553 Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan. Memiliki akreditasi A dengan 1011 siswa dan 56 pengajar. Di SMA Negeri 1 Tunjungan tersedia dua jurusan, yaitu IPA dan IPS. Selain itu, untuk mengembangkan bakat dan hobi para pelajar diselenggarakan banyak kegiatan ekstra kulikuler diantaranya, Pramuka, Palang Merah Remaja, Seni Hadroh dan Apresiasi Sastra Indonesia.

 

Sekolah sma 1 tunjungan blora
SMA N 1 Tunjungan

 

Sedangkan SMK Negeri 1 Blora terletak di Jalan Gatot Subroto KM 4,1 Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan. Memiliki akreditasi A pada jurusan Teknik Konstruksi Kayu, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Audio – Video. Sedangkan untuk jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton, Teknik Survei dan Pemetaan serta Jurusan Multimedia memiliki akreditasi B.

 

SMK N 1 Blora di Tunjungan
SMK N 1 Blora

 

SMK Negeri 1 Blora telah bekerja sama dengan banyak perusahaan dalam berbagai bidang. Hal ini menjadi indikator kesiapan SMK Negeri 1 Blora untuk melakukan distribusi alumni dengan tepat sasaran. Perusahaan – perusahaan yang telah melakukan kerja sama dengan SMK Negeri 1 Blora diantaranya adalah PT Timah ( Teknik Survei dan Pemetaan ), PT Nurindo Sukses Abadi ( Teknik Pemesinan ), PT Astra Daihatsu Motor ( Teknik Kendaraan Ringan ), PT Polytron ( Teknik Audio – Video ), PT AT Indonesia ( Teknik Pengelasan ), PT Persada Utama Gemilang ( Teknik Konstruksi Batu dan Beton ), PT Meubelindo Inreno Jaya ( Teknik Konstruksi Kayu ).

 

SMK BERBASIS PONDOK PESANTREN
SMK AL ALIF Tunjungan Blora

 

Selain dua sekolah di atas, di Kecamatan Tunjungan terdapat pula akademi kesehatan WHN, SMK Ma’arif Tunjungan, SMK Kesehatan Bhakti Husada dan SMK Pertanian Al – Alif. Sekolah – sekolah tersebut merupakan jantung pendidikan Kabupaten Blora dalam menempa para pelajar.

 

Salah satu tempat Hiburan Cafe dan Karaoke yang terdapat di kecamatan Tunjungan
Salah satu tempat Hiburan Cafe dan Karaoke yang terdapat di kecamatan Tunjungan

 

Dalam pengelolaan wilayah konsentrasi pendidikan ini, Pemerintah Kabupaten Blora memiliki beberapa tantangan. Salah satu tantangannya adalah beroperasinya beberapa tempat hiburan di Kecamatan Tunjungan yang berpotensi mengganggu aktivitas belajar dan ketertiban masyarakat secara umum. Ketegasan dan keberanian pemerintah menjadi salah satu indikator keberpihakan pemerintah dalam sektor pendidikan.

Reporter    : M. Eko HS.

Fotografer : Az zulfa

banner 120x500
  • Bagikan