fbpx

KEMBANGKAN AGRIBISNIS, BLORA AKAN GANDENG INSTITUT PERTANIAN BOGOR

Blora – Bupati Blora menerima kunjungan Rombongan Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dipimpin oleh Ketua Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Ruang Rapat Bupati Blora, Selasa (29/08).

Dwi Rachmina pada kesempatan ini menyampaikan bahwa pengembangan agribisnis dirasa menjadi salah satu yang potensial dilakukan di Kabupaten Blora. Agribisnis yang akan dikembangkan di Kabupaten Blora meliputi bidang perkebunan (tebu yang juga melibatkan GMM Bulog Blora, mete, dan lain-lain), bidang pertanian (hortikultura), bidang peternakan, dan UMKM.

 

Rombongan Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) yang dipimpin oleh Ketua Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB Ruang Rapat Bupati Blora, Selasa (29/08)

 

Tujuan perjanjian kerjasama ini adalah dalam rangka pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi  dalam upaya pengembangan dan pembangunan pertanian dan agribisnis di Kabupaten Blora. Selain itu juga untuk lebih meningkatkan kemampuan segenap potensi dan sumberdaya yang ada secara optimal guna menunjang pengembangan dan pembangunan wilayah yang berkelanjutan di Kabupaten Blora.

 Sutikno Slamet, Kepala Bappeda Blora mengatakan perlunya pendampingan kepada para peternak sapi untuk pengembangan pakan, sehingga tidak ada lagi istilah “sapi makan sapi” ketika musim kemarau tiba.

Istilah ini merujuk pada “keharusan” bagi para petani untuk menjual sebagian sapinya untuk mendapatkan pakan untuk sapi yang lainnya. Dengan adanya pendampingan, diharapkan para peternak sapi dapat menyediakan pakan di segala musim.

Bupati Blora berharap agar ke depan kerjasama juga dapat terjalin dalam hal pendampingan peternak sapi dalam pembuatan dan pengolahan pakan ternak yang murah, mengingat tingginya populasi sapi di Kabupaten Blora. Ia mengatakan saat ini Pemerintah Blora tengah melakukan kerjasama dengan UGM perihal pengabdian kepada masyarakat. Dia berharap, ke depan Kabupaten Blora dapat menjalin kerjasama serupa dengan IPB untuk meningkatkan taraf hidup mesyarakat desa.
Acara ini juga dihadiri oleh Sekda Kabupaten Blora, Kepala Bappeda Kabupaten Blora, Sekretaris Dinas Peternakan dan Perikanan, Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta General Manager (GM) GMM Bulog Blora.

Sahal M / Humas setda Blora