KEMENAG TUNDA PENGUMUMAN PENYELENGGARAAN HAJI HINGGA JUNI

Blora – Kementerian Agama menunda pengumuman kepastian penyelenggaraan haji tahun 2020. Dari jadwal awal yang semestinya dilakukan Rabu (20/05) menjadi (01/06) mendatang.

 

Calon haji Kabupaten Blora memanjatkan doa sesaat sebelum bertolak menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali (foto: Humas Pemkab Blora)

Calon haji Kabupaten Blora memanjatkan doa sesaat sebelum bertolak menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali 2019 (foto: Humas Pemkab Blora)

 

Kasi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Blora, Dwiyanto mengatakan kepastian penyelenggaraan pengumuman keberangkatan haji tahun 2020, gagal diumumkan Rabu kemarin.

“Nanti Kemenag akan mengumumkannya bersama DPR RI,’’ ucapnya.

Sementara itu, semua calon jamaah haji sudah melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Selanjutnya CJH hanya tinggal menunggu kepastiannya saja karena sudah memenuhi semua persyaratannya. 

‘’Hanya 22 CJH yang mengundurkan diri yang belum melakukan pelunasan,’’ terangnya.

Lebih lanjut, untuk sementara CJH tambahan sebanyak 28 orang, Rabu lalu sudah melakukan pelunasan. Dan tinggal mempersiapkan berkas untuk pembuatan paspor dan visa pemberangkatan haji.

“Nanti 28 CJH tambahan akan melakukan foto pembuatan paspor,’’ imbuhnya.

Namun demikian jika nantinya pada 1 Juni mendatang ternyata pemberangkatan haji ditunda, melihat perkembangan persebaran Covid-19 belum ada tanda-tanda mereda. Menurutnya itu tidak masalah. Yang penting CJH sudah melengkapi administrasi. Kalaupun tahun ini tak jadi berangkat maka CJH tahun ini akan secara otomatis diberangkatkan tahun berikutnya.

“Begitupun yang saat ini mengundurkan diri maka akan diundur satu tahun lagi,’’ paparnya. 

Begitu juga dengan pemberangkatan CJH yang lain. Maka tahun ini akan diundur satu tahun ke belakang. Adapun tahun ini CJH direncanakan berangkat di 26 Juni dengan 631 CJH. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan