fbpx

KENANG PERJUANGAN, PENGURUS NU ZIARAH KE MAKAM KIDANGAN

  • Bagikan
Hari santri Nusantara
Ketua Tanfidziyah NU dan Rois Syuriah berdiskusi setelah pelaksanaan Ziarah di Makam Kidangan
Hari santri Nusantara
Ketua Tanfidziyah NU dan Rois Syuriah berdiskusi setelah pelaksanaan Ziarah di Makam Kidangan

JEPON – Tidak banyak yang tau bahwa Blora merupakan cabang NU yang pertama kali disahkan oleh PBNU (dulu HBNO). Fakta sejarah ini diungkap dalam majalah Lailatoel Idjtima’ Nahdlatoel Oelama terbitan bulan Mei 1971. Ulasan pada majalah tersebut menyebutkan bahwa Ketua NU Cabang Blora adalah Kyai Ma’shum yang tinggal di desa Kidangan kecamatan Jepon.

Sebagai bentuk napak tilas perjuangan pendirian NU Blora pertama, sore tadi (21.10.2016) para pengurus NU Blora berziarah ke makam Kyai Ma’shum yang terletak di kompleks Masjid Al-Ma’shum Kidangan Kecamatan Jepon. Sejumlah ulama dan para ketua badan otonom NU telah memenuhi lokasi beberapa saat sebelum ziarah dimulai.

Dalam sambutannya, Ketua Tanfidziyyah PCNU Blora H. Aunurrofiq berharap seluruh elemen masyarakat dapat meneladani perjuangan Kyai Ma’shum Kidangan. Ketua NU juga menyampaikan keyakinannya bahwa Blora merupakan cabang NU pertama di Indonesia. Menurut beliau, fakta ini merupakan kebanggaan bagi Blora khususnya warga Nahdliyyin.

Tahlil dalam kesempatan ziarah tersebut dipimpin oleh KH. Ali Muhdlor, pengasuh Pondok Pesantren Annur Sendangwungu Banjarejo. Sedangkan doa tahlil dibacakan oleh Rois Syuriah NU Blora, KH. Muhammad Ma’shum Fathoni.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua NU juga menyampaikan bahwa malam ini (pukul 19.30) akan dilaksanakan pembacaan Sholawat Nariyyah bersama di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. “Malam ini akan dilaksanakan agenda pembacaan 1 Milyar Sholawat Nariyyah se-Indonesia. Di Blora kegiatan dipusatkan di Pendopo Bupati. Besok (22.10.2016) akan dilaksanakan Upacara dalam rangka Hari Santri Nasional dan dilanjutkan dengan Kirab Hari Santri” jelas Ketua PCNU [.]

Reporter          : Sahal Mamur

Foto                 : Az Zulfa

banner 120x500
  • Bagikan