fbpx

KEPALA BAPPEDDA BLORA: PROGRAM DESA BERDIKARI WAJIB DIDUKUNG

Hari terakhir ToT Aktor Desa Nglarohgunung yang diselenggarakan oleh Bumdes Eka Putra Sejahtera, Pemerintah Desa Nglarohgunung serta sebagai fasilitator Lumbung Kreasi Nusantara telah sukses diselenggarakan pada, Sabtu, 5 sampai Senin, 7 Maret 2022 lalu.
Kepala Bappeda Blora, A. Mahbub Djunaidi.

Jiken – Hari terakhir ToT Aktor Desa Nglarohgunung yang diselenggarakan oleh Bumdes Eka Putra Sejahtera, Pemerintah Desa Nglarohgunung serta sebagai fasilitator Lumbung Kreasi Nusantara telah sukses diselenggarakan pada, Sabtu, 5 sampai Senin, 7 Maret 2022 lalu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora, A Mahbub Djunaidi, yang juga turut hadir dalam rangkaian penutupan tersebut sangat mengapresiasi program Desa Berdikari.

“Program Inovasi seperti yang dilakukan oleh Bumdes Desa Nglarohgunung ini wajib didukung oleh semua pihak untuk mengembangkan Desa. Saya katakan haram hukumnya jika sampai tidak didukung, dalam menyelenggarakan program Desa Berdikari akan ada kerikil-kerikil hambatan, oleh karena itu diperlukan niat yang kuat,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :  PULUHAN FOTOGRAFER HUNTING DI TIRTONADI

Dalam rangkaian ToT program Desa Berdikari dihasilkan 5 (Lima) rancangan unit kerja diberagam sektor yang berbasis potensi Desa mulai dari Pariwisata, Peternakan, Perikanan, hingga sektor ekonomi kreatif berbasis Desa yang dipresentasikan langsung oleh setiap peserta pada penutupan ToT program Desa Berdikari.

Kepala Desa Nglarohgunung Nur Eka Kusmiran yang juga turut hadir antusias mengapresiasi setiap gagasan yang dipresentasikan peserta ToT Desa Berdikari yang akan difasilitasi oleh Bumdes Eka Putra Sejahtera.

“Jika anak mudanya semangat, saya semakin semangat membangun Desa Nglarohgunung,” ungkapnya.

ToT yang diselenggarakan selama 3 (hari) diikuti oleh beragam latar belakang usia, profesi, pendidikan, pengalaman, hingga keterampilan, semua tertuju pada satu upaya bagaimana membangun Desa Nglarogunung menjadi Desa yang mandiri dan berdikari.

BACA JUGA :  KETUA PPP BLORA APRESIASI PEMENANG AJANG DUTA MUSLIMAH PRENEUR JATENG KATEGORI KREATIF

Hal tersebut juga dikatakan oleh Ketua Badan Pengawas Desa, Subandi, dalam rangkaian ToT tersebut peserta dapat mengenali potensi dan tantangan diri maupun lingkungan sekitarnya sebagai modal dasar utama dalam mengembangkan potensi Desa bahkan tersusun lima unit usaha.

“Jujur saya terkejut dengan capaian teman-teman Nglarohgunung dengan durasi ToT yang hanya tiga hari diselenggarakan, juga dengan beragamnya latar belakang usia, profesi, pendidikan dan juga pengalaman berhasil menyusun perencanaan 5 unit usaha”. Ungkap M. Khairuddin Ketua Lumbung Kreasi Nusantara.

Sementara Pendamping Desa Nglarohgunug berharap pada peserta setelah melewati rangkaian ToT Desa Berdikari diharapkan dapat menularkan ilmu yang telah didapat kepada warga desa guna mengembangkan potensi di berbagai sektor unit kerja yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Nglarohgunung.

BACA JUGA :  DITANGKAP KARENA TANAM BONSAI GANJA, BEGINI KOMENTAR KETUA PPBI BLORA

“Kami sadar waktu tiga hari ini sangat kurang untuk kegiatan ToT Desa Berdikari, tindak lanjut berikutnya melakukan penajaman dari setiap unit usaha Bumdes Eka Putra Sejahtera untuk didampingi dalam mengimplementasikan unit usaha yang telah dipresentasikan dalam penutupan ToT Desa Berdikari,” ungkap Kusnowi Humas Lumbung Kreasi Nusantara.

Sementara Munakno salah satu peserta ToT Desa Berdikari mengungkapkan, program seperti ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan Desa Nglarohgunung, jangan bosan untuk mendampingi kami dalam mengembangkan Desa Nglarohgunung. (Jam).