fbpx

KEPALA BKKBN APRESIASI PENANGANAN STUNTING DI JATENG

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Hasto Wardoyo mengapresiasi keseriusan penanganan stunting di Jawa Tengah. Menurutnya, program penanganan stunting di Jateng bisa menjadi percontohan untuk daerah lain di seluruh Indonesia.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapat apresiasi dari Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Semarang, BLORANEWS – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, Hasto Wardoyo mengapresiasi keseriusan penanganan stunting di Jawa Tengah. Menurutnya, program penanganan stunting di Jateng bisa menjadi percontohan untuk daerah lain di seluruh Indonesia.

“Saat ini rapor Jawa Tengah terkait Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Balita (AKBa), termasuk perkawinan dini, lebih rendah dibandingkan Jawa Barat dan Jawa Timur,” ungkapnya saat memberi sambutan dalam acara Rapat Kerja Daerah dengan tajuk Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting Jateng, di Hotel Santika, Senin (13/2/2023).

Dipaparkan, angka kehamilan pada usia 15 tahun hingga 19 tahun di Jawa Tengah itu sebanyak 23 per seribu. Lebih rendah bila dibandingkan Jawa Barat yakni 24 per seribu. Sedangkan di Jawa Timur ada 31 per seribu. Selain itu, jumlah AKI di Jawa Tengah juga lebih rendah dibanding Jabar dan Jatim.

“Angka kematian bayinya juga bagus, 12 per seribu dan angka kematian balitanya juga Jawa Tengah ada 14 per seribu. Inilah prestasi Jawa Tengah saya kira terasa bahwa jumlah yang meninggal juga menurun,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo menegaskan bahwa mengatasi stunting tidak boleh setengah-setengah. Apalagi Dana Alokasi Khusus untuk penanganan stunting sudah diserahkan ke daerah.

“Nah sekarang optimalkan, manfaatkan, serap dengan cepat, teorinya semua sudah tahu, teknisnya semua sudah tahu. Hanya saya tekankan, kepada kawan-kawan dari kabupaten kota, praktek-praktek baik di beberapa kabupaten bisa dicontoh dan share,” tegasnya. (Dj)