KEPALA DINKES BLORA: SWAB TEST (PCR) LAMA, KEMUNGKINAN AKAN GUNAKAN TEST CEPAT MOLEKULER (TCM)

Blora- Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Blora, Lilik Hernanto dalam Konferensi Persnya pada Jumat (15/05), menyampaikan terkait pemeriksaan Swab Test(PCR) yang prosesnya lama.

 

Sampel untuk tes PCR

Sampel untuk tes PCR

 

Menurutnya, Pemerintah Pusat sedang melakukan inovasi, yakni kemungkinan pemeriksaan tidak lagi di lab PCR namun lab TCM (Test Cepat Molekuler) yang hasilnya hampir sama dengan hasil lab PCR.

“Kebetulan di rumah sakit kita, baik RSUD Blora maupun RSUD Cepu sudah memiliki alat ini. Kita tunggu penggantian perangkatnya dan pelatihan SDM nya, sehingga nanti ketika sudah bisa dan siap, maka pemeriksaan Swab Test tidak perlu lagi dikirim ke lab PCR Solo, namun cukup diperiksa di lab TCM. Karena kendala selama ini adalah proses lab PCR yang lama,” ucap lilik.

Lebih lanjut, Lilik menambahka bahwa saat ini bertambah lagi dua yang dinyatakan positif Covid-19 sehingga total empat belas positif Covid-19. Dua positif  ini ada di Kecamatan Blora Kota, yang secara swab PCR merupakan pengembangan dari kasus pertama (Perumda), yakni menular ke dua orang, berdasarkan penelusuran secara epidemologi. 

“Sedangkan Rapid Test reaktif ada tambahan empat menjadi 58. Setelah ditracking ternyata 3 dari 4 reaktif Rapid Test baru ini baru saja menerima tamu dari luar kota, padahal mereka tidak pergi keluar kota. Dengan adanya ini, kami mohon masyarakat hati-hati ketika menerima tamu. Harus melakukan protokol kesehatan,” imbuhnya. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan