fbpx

KERJA SAMA DESA PADAAN – KKN STAIN KUDUS HASILKAN KREASI BOGA DAN PAKAN FERMENTASI

  • Bagikan

Japah – Pemdes (Pemerintah Desa) Padaan Japah bekerja sama dengan mahasiswa KKN STAIN Kudus mengadakan pelatihan pembuatan aneka macam masakan dan pakan fermentasi. Ke depan, diharapkan hasil pelatihan ini dapat dikembangkan warga desa sebagai usaha ekonomi. Produk boga dan pakan fermentasi yang dibuat, berbahan dasar hasil bumi yang ada di desa Padaan.

 

desa padaan
Warga desa Padaan membuat saus bebas pengawet yang difasilitasi Pemdes Padaan dan KKN STAIN Kudus. Foto : Bloranews

 

“Ternyata mahasiswa KKN STAIN tidak hanya pintar ngaji, tetapi juga pintar masak” ujar Dwi Suwartini, kepala desa Padaan. Bersama dengan pemerintah desa Padaan, KKN STAIN Kudus melatih warga membuat serbuk jahe instan, saus cabai bebas pengawet, dan pakan ternak terfermentasi.

Saus cabai bebas pengawet karya masyarakat desa Padaan terbuat dari cabai merah segar, tomat, gula, garam dan bahan-bahan lain. Tanpa bahan pengawet, saus cabai karya warga Padaan ini terjamin kualitasnya. “Lebih sehat karena bebas pengawet” komentar kades Padaan.

Pakan ternak terfermentasi terbuat dari rumput, pelepah pisang, bekatul, ampas tahu dan nasa. “Pakan ternak ini dapat menjadi pakan alternatif ketika musim kemarau tiba. Ketika sullit mencari rumput untuk pakan ternak” lanjutnya.

Tiga kreasi tersebut diharapkan, oleh pemerintah desa Padaan, dapat menjadi wawasan baru bagi warga masyarakat tentang makanan sehat. Lebih jauh dapat menjadi potensi pengembangan ekonomi kreatif di desa [.]

Reporter : Jacko Priyanto

banner 120x500
  • Bagikan