KKN STAI AL MUHAMMAD LATIH IBU-IBU BIKIN PARFUM

Jati- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAI Al Muhammad Cepu melatih belasan ibu rumah tangga (IRT) di Desa Jegong, membuat parfum untuk baju. Diharapkan, pelatihan ini dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Koordinator KKN STAI Al Muhammad Cepu untuk Desa Jegong, Imanan mengaku, pelatihan ini bermula dari kajian sederhana terhadap potensi desa yang ada. Menurutnya, sebagian besar penduduk di desa ini berprofesi sebagai petani, Senin (02/12).

 

Pelatihan pembuatan parfum di Balai Desa Jegong Kecamatan Jati Kabupaten Blora

Pelatihan pembuatan parfum di Balai Desa Jegong Kecamatan Jati Kabupaten Blora

 

“Nantinya, pelatihan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan bagi ibu-ibu dalam membuat parfum. Sehingga, dapat menjadi penghasilan tambahan bagi mereka,” harapnya.

Pembuatan parfum ala KKN STAI Al Muhammad terbilang cukup sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan. Bahan yang dibutuhkan meliputi, methanol, bibit (biang) parfum, gelas ukur, dan wadah parfum.

Cara pembuatannya cukup dengan mencampur methanol dengan bibit parfum dengan perbandingan 1:1. Setelah didapatkan aroma yang diinginkan, parfum tersebut dikemas dalam wadah yang telah dipersiapkan.

“Cara penggunaannya, cukup disemprotkan pada baju. Ini sangat sederhana,” pungkasnya.

Hadir dalam pelatihan ini, Kades Jegong Dianto beserta perangkat desa setempat. Selain itu, acara tersebut juga didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN STAI Al Muhammad Cepu, Hidayatul Mustofa.

“Ini ide yang bagus untuk peningkatan pendapatan ibu rumah tangga. Kami mengucapkan terima kasih,” ucap Dianto di akhir acara. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan