KNPI AJAK PEMUDA BLORA BERLATIH TERNAK KAMBING

Blora – DPD KNPI Blora menggelar Pelatihan Budidaya dan Penggemukan Kambing di Resto d’ Joglo Blora, Rabu (13/12). Kegiatan ini diikuti lebih dari empat puluh pemuda se- Kabupaten Blora.

Ketua panitia Pelatihan Budidaya dan Penggemukan Kambing Andika Fuad Ibrahim dalam laporannya mengatakan, DPD KNPI Blora telah beberapa kali melaksanakan pelatihan wira usaha di Kabupaten Blora. Tujuan pelatihan kali ini, supaya para pemuda dapat mengembangkan potensi peternakan di daerah masing-masing.

 

Para pemuda mengikuti Pelatihan Budidaya Kambing di Resto d’ Joglo, Rabu (13/12).

 

Ketua KNPI Blora Ali Uddin dalam sambutannya berharap, Pemkab Blora melalui dinas terkait memberikan perhatian kepada para pemuda, utamanya kepada peserta pelatihan siang tadi. Supaya hasil pelatihan ini dapat berkelanjutan.

Menurutnya, pemerintah perlu memberi bantuan kepada pemuda yang tergabung dalam kelompok ternak dalam bentuk modal usaha. Modal usaha ini bukanlah bantuan cuma-cuma, melainkan dengan sistem meminjamkan uang untuk modal usaha.

Ali Uddin menekankan, dalam mengembangkan pelatihan ini dibutuhkan kerja sama antar dinas. Ia mencontohkan, dalam mengembangkan Budidaya Kambing ini Dinporabudpar Blora perlu menggandeng Dinakertrans, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Dinas Perdagangan dan Koperasi.

Kabid Pemuda dan Olahraga Dinporabudpar Blora Sutiyono mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, Pelatihan Budidaya dan Penggemukan Kambing ini menunjukkan sikap serius pemuda dalam hal pengembangan wira usaha.

Terkait bantuan permodalan, Sutiyono mengatakan tidak ada pinjaman dari dinas kepada kelompok ternak. Bantuan yang ada berupa hibah dari pemerintah melalui pengajuan proposal yang prosedurnya telah ditetapkan dengan aturan yang ada.

Narasumber Pelatihan Budidaya dan Penggemukan Kambing Wahyudi memaparkan sejumlah materi kepada para peserta. Diantaranya cara pembuatan kandang, pakan kambing fermentasi, cara penggemukan kambing, mengatasi penyakit ternak dan distribusi hasil peternakan.

Reporter : Jacko Priyanto

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.