fbpx

KOMODITAS BUAH BLORA DIDORONG GUNAKAN PUPUK ORGANIK

  • Bagikan
Festival Buah Lokal 2019 di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora
Festival Buah Lokal 2019 di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora

Blora- Usai menghadiri panen padi organik perdana di Desa Bajo Kecamatan Kedungtuban, Bupati Blora Djoko Nugroho gencar mengkampanyekan penggunaan pupuk organik, menggantikan pupuk kimia yang selama ini biasa digunakan para petani.

Seperti yang disampaikannya, saat menghadiri Festival Buah Lokal 2019 di Pasar Rakyat Sido Makmur, Rabu (30/01) kemarin. Bupati mengatakan, pupuk organik membuat produk pertanian semakin menyehatkan, dan hasilnya semakin banyak.

 

Festival Buah Lokal 2019 di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora
Festival Buah Lokal 2019 di Pasar Rakyat Sido Makmur Blora

 

“Saya kemarin habis panen padi organik di Desa Bajo Kedungtuban. Ternyata hasilnya lebih banyak dan menyehatkan. Saya ingin pertanian organik ini juga diterapkan pada tanaman buah, “ ucap Bupati.

Bupati juga mengajak seluruh petani buah yang hadir agar menggunakan pupuk organik dalam membudidayakan tanaman buah. Pasalnya Bupati ingin seluruh hasil pertanian dan hortikultura Blora itu sehat dan bebas dari pengaruh pupuk kimia.

Dalam acara ini, produk pertanian seperti durian, sawo, pisang raja, pisang cavendis, buah naga, hingga cabai merah. Semuanya dipamerkan kepada masyarakat, sedangkan khusus durian, sawo serta pisang raja dilombakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

“Festival Buah Lokal seperti ini sangat bagus untuk mempromosikan hasil hortikultura kita. Sekaligus mengampanyekan makan buah lokal kepada masyarakat. Ini merupakan bukti bahwa Blora tidak kalah dengan daerah lain dalam hal penghasil buah,” pungkasnya.

Juara pertama lomba durian diraih Suwignyo dari Desa Karangjong, Kecamatan Ngawen. Kemenangan ini merupakan kali kedua, sebelumnya petani ini juga memenangkan perlombaan yang sama tahun 2018 kemarin.

“Alhamdulillah bisa menang lagi, tahun lalu saat di Blok S juga menang. Semoga ini bisa menjadi penyemangat kami untuk terus membudidayakan durian lokal Desa Karangjong,” komentarnya. (mus)

  • Bagikan