fbpx

KOMUNITAS AKAR MERDEKA : PERINGATAN KEMERDEKAAN JANGAN SAMPAI DITINGGALKAN

  • Bagikan
AKAR MERDEKA
J.I Nanang Gatot Sulistya sedang membuat sablon “Merak Ijo” di atas media papan MDF
AKAR MERDEKA
J.I Nanang Gatot Sulistya sedang membuat sablon “Merak Ijo” di atas media papan MDF

Kunduran (01.08.2016) Bulan Agustus adalah bulan yang istimewa bagi bangsa Indonesia. Fenomena peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI dalam waktu dekat akan bermunculan di berbagai pelosok dan jantung kota Blora. Berbagai komunitas di Blora telah mempersiapkan agenda untuk meramaikan hari kemerdekaan ini, termasuk Komunitas Akar Merdeka.

Komunitas Akar Merdeka adalah sebuah komunitas seni dan budaya di Blora yang bergerak di bidang seni sablon. Salah satu metode khas yang dipakai Komunitas Akar Merdeka dalam membuat karya seni adalah metode cukil. Komunitas seni murni ini mengagendakan sebuah pentas seni dalam bulan kemerdekaan ini.

J.I. Nanang Gatot Sulistya, Koordinator Komunitas Akar Merdeka menilai bahwa berbagai agenda perlu digelar untuk meramaikan bulan kemerdekaan ini. Dalam minggu-minggu ini, Komunitas Akar Merdeka cukup disibukkan dengan berbagai agenda-agenda pelatihan sablon di berbagai tempat di Blora, bahkan di luar daerah.

“Walaupun agenda kita sangat padat minggu-minggu ini, tapi agenda peringatan kemerdekaan jangan sampai ditinggalkan.” Jelas Nanang. “ Dulu, para pejuang bergerilya keluar – masuk hutan untuk mempertahankan kemerdekaan. Harusnya, kita sebagai generasi muda tahu diri dan mengenang jasa mereka dengan cara yang kita bisa.” lanjutnya.

Saat ini, Komunitas akar merdeka dengan berbagai produk seninya telah banyak dikenal, bahkan oleh masyarakat awam. Berbagai produk seni dengan tema lokal banyak diciptakan komunitas ini. Salah satu karya terbaik Komunitas Akar Merdeka adalah lukisan timbul Ki Samin Surosentiko yang dibuat dengan media papan MDF (Medium Density Fibreboard) dengan teknik cukil halus.

Komunitas Akar Merdeka, sebagai komunitas seniman juga memiliki semangat cinta tanah air yang tidak kalah dengan semangat gerakan-gerakan pemuda dan pengambil kebijakan di Blora [.]

Reporter          : Alifiyanto

Foto                 : Az Zulfa

 

BACA JUGA :

LAGA PERSIKABA : TAKLUKKAN PERSEBI BOYOLALI PERSIKABA LOLOS SEMIFINAL LINUS 2016

banner 120x500
  • Bagikan