fbpx

KPU BLORA GELAR SOSIALISASI SYARAT DUKUNGAN PASANGAN CALON PERSEORANGAN

  • Bagikan
Sosialisasi Persyaratan Calon Perseorangan di Aula KPU Blora, Senin (16/10).

Blora –  KPU (Komisi  Pemilihan Umum) Kabupaten Blora menggelar Sosialisasi Persyaratan Pasangan Calon Perseorangan Aula KPU Blora, Senin (16/10). Materi sosialisasi disampaikan oleh Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Divisi Perencanaan dan Data, Muslim Aisha. Kegiatan ini dihadiri pula Asisten Pemerintahan Sekda Blora, Setyo Edi.

 

Sosialisasi Persyaratan Calon Perseorangan di Aula KPU Blora, Senin (16/10).

 

Dihadapan para peserta sosialisasi yang terdiri atas perwakilan Ormas, Organisasi Keagamaan, OKP, LSM, Perguruan Tinggi, dan Media Massa, Ketua KPU menyampaikan pendaftaran pasangan calon pada Pilgub Jateng 2018 dapat dilakukan melalui jalur perseorangan.

“Karena pendaftaran calon tidak hanya dari jalur partai politik tetapi juga bisa dari jalur perseorangan, perlu segera dilakukan sosialisasi terkait hal tersebut sebelum memasuki masa pendaftaran Pasangan Calon,” ujar Ketua KPU Blora, Arifin dalam sambutannya.

Asisten Pemerintahan Sekda Blora Setyo Edi, dalam sambutannya menghimbau agar semua pemangku kepentingan senantiasa menjaga kondusifitas daerah sehingga Pilgub Jateng 2018 berjalan dengan sejuk.

Muslim Aisha, Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah menyampaikan dalam materinya bahwa provinsi dengan jumlah DPT Terakhir lebih dari 12.000.000 jiwa harus didukung paling sedikit 6,5%. Jumlah dukungan tersebut harus tersebar di lebih dari 50% jumlah kabupaten/kota yang ada.

 “Dengan demikian untuk di Jawa Tengah, Pasangan Calon Perseorangan harus didukung oleh sekurangnya 1.781.606 pemilih yang sekurang-kurangnya tersebar di 18 kab/kota”, jelas Muslim dalam paparan materinya.

Mengacu pada Tahapan Penyelenggaraan Pilgub Jateng 2018, ketentuan tentang Syarat minimal dukungan dan persebaran akan diumumkan oleh KPU Provinsi Jateng pada tanggal 9 – 22 November 2017.

Berikut ini Jadwal Pencalonan Perseorangan dalam Pilgub Jateng kali ini adalah sebagai berikut:

NOTANGGALURAIAN TAHAPAN
122 – 26 Nov 2017Penyerahan Syarat Dukungan ke KPU Provinsi
222 – 28 Nov 2017Penelitian jumlah minimal dukungan dan sebaran
322 Nov – 5 Des 2017Penelitian administrasi dan analisis dukungan ganda
46 – 8 Des 2017Penyerahan syarat dukungan ke KPU/Kab

 

Reporter : Abdul Malik / Ketua KPU Blora

  • Bagikan