KPU BLORA : JUMLAH KESELURUHAN PENDAFTAR PPS MENCAPAI 1750 ORANG

Blora Setelah mengalami perpanjangan masa pendaftaran dari tanggal 1 Novembermenjadi tanggal 3 November 2017, Pendaftaran Calon Anggota PPS Pilgub Jateng 2018 menyedot banyak peminat. Tercatat dari Laporan PPK se Kabupaten Blora yang baru dilantik sehari sebelumnya, bahwa jumlah pendaftar Calon Anggota PPS menunjukkan jumlah yang sangat signifikan. Terdapat 1.750 jumlah pendaftar dengan rincian laki-laki sejumlah 1.094 dan perempuan sejumlah 656 orang.

 

Seleksi administrasi calon anggota PPS di sekretariat PPK Ngawen, Kamis (04/11).

 

Anggota KPU Blora Moesafa mengatakan, dengan banyaknya jumlah pendaftar calon Anggota PPS ini menunjukkan bahwa masyarakat mempunyai perhatian yang besar terhadap proses politik yang sedang berjalan. Sekaligus menandakan adanya keinginan yang kuat dari masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses politik khususnya dalam penyelenggaraan Pemilu.

Rekruitmen calon Anggota PPS dengan metode pendaftaran secara terbuka memang baru kali ini dilaksanakan. Sebelumnya rekruitmen dilakukan melalui mekanisme pengusulan kepala desa/kepala kelurahan bersama BPD/LKMK. Dengan mekanisme yang diterapkan saat ini, proses rekruitmen diumumkan secara terbuka baik melalui jejaring birokrasi hingga tingkat desa/kelurahan maupun melalui jejaring social. Sehingga Pengumuman Pendaftaran tersebut dapat tersebar secara meluas.

Dari proses pendaftaran yang telah dilakukan, memang masih terdapat beberapa desa yang pendaftarnya hanya mencapai 3 orang. Namun di beberapa desa/kelurahan yang lain, pendaftarnya mencapai belasan.Sementara Anggota PPS yang dibutuhkan sebanyak 3 orang untuk setiap desa/kel. Dari data yang ada menunjukkan bahwa pendaftar terbanyak ada di desa Todanan dan Kelurahan Randublatung yaitu sejumlah 16 pendaftar.

Sedangkan untuk tingkat kecamatan pendaftar terbanyak ada di kecamatan Blora yaitu sebanyak 180 pendaftar. Setelah pendaftaran ditutup pada hari kemarin (3/11), selanjutnya KPU Blora memberikan mandat kepada PPK untuk melakukan Seleksi Administrasi untuk pendaftar PPS di wilayah masing-masing. Seleksi administrasi ini akan dilakukan pada tanggal 4 – 6 November dan selanjutnya pendaftar PPS yang dinyatakan memenuhi syarat akan diundang untuk mengikuti seleksi Wawancara pada tanggal 8 – 9 November.

Reporter : Abdul Malik

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.