fbpx

KUNKER KE BLORA, PRABOWO BAGIKAN BANTUAN HORTIKULTURA SENILAI RP 20 MILIAR

Menhan Prabowo Subianto dan Mentan Andi Amran Sulaiman bagikan bantuan hortikultura.

Blora, BLORANEWS – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, bersama Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman salurkan bantuan hortikultura senilai Rp 20 Miliar kepada puluhan ribu anggota LMDH se-Jawa Tengah.

Bantuan tersebut diberikan secara simbolis saat keduanya melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Blora dalam bingkai kegiatan bertajuk Gerakan Peningkatan Produksi Pangan Nasional Melalui Optimalisasi Peran LMDH se-Jateng.

Dalam kesempatan itu, Prabowo selaku Menhan menyampaikan pidatonya dengan berapi-api. Ditegaskan bahwa dirinya merasa tidak rela jika rakyatnya terjerat kemiskinan.

“Saya sebagai Menteri Pertahanan, saya sebagai patriot, saya sebagai mantan prajurit, saya tidak rela lihat rakyat saya miskin, saya tidak rela melihat kekayaan bangsa Indonesia tidak sampai ke rakyat Indonesia,” tegasnya.

Orasi itu pun mendapat tepuk tangan gemuruh dari audiens. Tak terkecuali dari para pejabat di Blora yang turut hadir mendampingi Menhan Prabowo Subianto dan Mentan Andi Amran Sulaiman.

“Jadi, ketahanan pangan yang cukup menjadi topik pembahasan pada hari ini dan mudah-mudahan itu memberikan solusi untuk masyarakat petani kita di Kabupaten Blora,” ujar Sekretarias Daerah (Sekda) Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi yang turut hadir dalam kegiatan.

Apapun rincian bantuan hortikultura yang diberikan kedua menteri tersebut meliputi, Pertama bantuan hortikultura berupa benih durian, mangga, kelengkeng dal alpukat sejumlah 80.000 batang atau senilai Rp2 miliar.

Kedua, bantuan hortikultura benih mangga dan alpukat sejumlah 20.000 batang senilai Rp375 juta. Ketiga, bantuan benih jagung hibrida untuk 15.000 hektar sejumlah 225 ton senilai Rp13,500 miliar.

Keempat, bantuan beni padi untu 10.000 hektare sejumlah 250 ton senilai Rp Rp3,400 miliar. Kelima, bantuan pupuk NPK untuk rawan ratun tebu sejumlah 100 hektar senilai Rp300 juta. Keenam, bantuan bibit kelapa sejumlah 1.000 batang senilai Rp50 juta. Ketujuh, bantuan ternak kambing sejumlah 150 ekor senilai 420 juta.

Bantuan tersebut diserahkan kepada perwakilan LMDH dan Kelompok Tani Kabupaten Blora dan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Untuk diketahui, total audiens yang hadir dalam kegiatan tersebut diprediksi mencapai 35 ribu peserta yang berasal dari seluruh penjuru Jawa Tengah. (Dj)