LAMA DIINTAI, PELAKU ILEGAL LOGING DIAMANKAN APARAT

Kunduran- Seorang petani bernama Sujono (55) warga Dusun Nglencong Desa Botoreco Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora ditahan polisi lantaran menyimpan kayu hasil hutan tanpa dilengkapi dokumen yang sah, Selasa (11/02).

 

Barang bukti kayu tanpa surat sah diamankan di Mapolsek Kunduran Polres Blora

Barang bukti kayu tanpa surat sah diamankan di Mapolsek Kunduran Polres Blora

 

Pria ini sudah lama diintai petugas lantaran aktivitas ilegalnya. Setelah ditemukan bukti berupa 5 batang kayu jati di rumahnya, pria ini segera diamankan aparat Polsek Kunduran Polres Blora. Kayu-kayu tersebut terdiri atas kayu pesagi dan gelondongan.

Kapolsek Kunduran Polres Blora, Iptu Lilik Eko menyebutkan, pelaku telah lama jadi incaran polisi hutan. Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, pelaku diduga telah sering melakukan kegiatan terlarang ini.

“Kalau motifnya ekonomi, sepertinya tidak. Itu sudah TO (target operasi) Perhutani, mas. Mungkin ya sudah sering,” terang Kapolsek.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 50 ayat (3) huruf F juncto Pasal 78 ayat 5 UU RI no 41 tahun 1999 tentang Kehutanan dengan ancaman 10 tahun penjara, dan denda paling banyak Rp 5 milyar.

“Pelaku dan barang bukti telah kita amankan di Mapolsek Kunduran untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,” pungkas Kapolsek. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan