fbpx

LATIHAN TURUN TEBING PENGGALANG GARUDA JEPON

  • Bagikan
Latihan turun tebing Pramuka Penggalang Garuda kwaran Jepon di Jembatan Tunjungan. Foto : Bloranews

Blora – Ada saja kegiatan remaja Blora untuk mengisi waktu liburan. Salah satunya adalah dengan melatih ketrampilan kepramukaan. DKR (Dewan Kerja Ranting) dan Pramuka Penggalang Garuda (setingkat SMP) melakukan latihan turun tebing (rappelling) dari sebuah jembatan di kawasan Tunjungan, tidak jauh dari SMK Bakti Husada Blora pagi ini (4/5). Kegiatan ini dimulai pukul delapan pagi sampai lepas tengah hari.

 

Latihan turun tebing Pramuka Penggalang Garuda kwaran Jepon di Jembatan Tunjungan. Foto : Bloranews

 

Selain merupakan latihan menjelang uji TKK (Tanda Kecakapan Khusus, syarat kenaikan tingkat pada kepramukaan : red), latihan ini juga menjadi ajang silaturahim antar anggota pramuka. Peserta latihan turun tebing merupakan para pelajar kelas VII dan kelas VIII, karena kelas IX tengah mengikuti UN.

“Yang ikut rapelling sebanyak 35 peserta. Ini merupakan latihan yang serius sehingga dibimbing langsung oleh DKC (Dewan Kerja Cabang, struktur gerakan pramuka tingkat kabupaten). Setelah ini akan diadakan uji TKK,” jelas Roy, pengurus DKC Blora. Latihan turun tebing dilakukan secara bergantian, sungai yang berada di bawah jembatan mengalir dengan arus yang cukup bersahabat.

DKC Blora berharap, pramuka dari kecamatan-kecamatan di Blora dapat meniru latihan yang dilakukan oleh Penggalang Garuda Jepon ini.

“Kita harus terus berkoordinasi dengan pramuka tingkat kecamatan untuk pengembangan Gudep. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan pertemuan yang diisi dengan kegiatan yang menyenangkan. Setelah latihan rapelling, kita akan membicarakan program kerja yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat, yaitu penempuhan TKK. Sejauh ini, cara ini cukup efektif untuk melakukan koordinasi antara pengurus kabupaten dengan pengurus kecamatan.” pungkas Roy [.]

Reporter : Khoirunniam

banner 120x500
  • Bagikan