fbpx

LAUNCHING BATIK JATI BLORA, WABUP: BATIK PUNYAI ASET KULTUR NILAI SENI YANG TINGGI

  • Bagikan
Senin (27/12/2021), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Blora, gelar lomba desain motif batik sekaligus lauching Batik Jati Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.
Launchimg Batik Jati Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora

Blora- Senin (27/12/2021), Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda), dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Blora, gelar lomba desain motif batik sekaligus lauching Batik Jati Blora di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.

Agenda yang bertajuk, Batik Blora untuk Nusantara itu dihadiri oleh Wakil Bupati Blora, Tri Yuli Setyowati sebagai perwakilan Bupati.

Dalam sambutannya, Tri Yuli Setyowati memaparkan bahwa batik mempunyai nilai seni yang tinggi dan makna filosofis yang erat dengan kearifan lokal.

“Batik mempunyai aset kultur nilai seni yang tinggi. Batik tidak sekedar kain yang ditulis menggunakan malem atau jahitan lilin. Melainkan punyai makna filosofis yang erat dengan kearifan lokal, begitupun dengan Batik Blora,” paparnya.

Hadir juga Ketua Dekranasda Blora, Hj. Ainia Shalichah. Dalam sambutan ia menyampaikan bahwa kerja sama menjadi faktor utama untuk memperkenalkan lebih luas Batik Blora.

“Batik Jati Blora yang di launching ini merupakan sebuah karya terbaik dari hasil lomba desain motif batik dan iket samin yang diselenggarakan Bappeda dan Dekranasda Blora dalam upaya menggali ide kreatif dari masyarakat,” ucapnya.

Proses peluncuran Batik Jati Blora ditandai dengan menempatkan cap tembaga pada kotak layar led yang ditahan beberapa saat oleh Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Ketua Dekranasda Hj. Ainia Shalichah serta Sekda Blora Komang Gede Irawadi. (Lis)

  • Bagikan