LEBARAN DI BLORA SELATAN : EUFORIA HARI RAYA DARI PERBATASAN KOTA MUSTIKA

Lebarab Di kecamatan Jati Blora

Masyarakat kecamatan Jati menyambut hari raya dengan antusias

Singget – Jati (06.07.2016) Hari raya idul fitri menjadi hari yang istimewa bagi masyarakat desa singget Kecamatan Jati. Mereka, menyambut datangnya hari penuh maaf ini dengan banyak cara. Hampir semua mushola dan masjid tak henti-hentinya menyuarakan takbir, walaupun beberapa orang harus segera pulang untuk mempersiapkan hidangan di hari kemenangan ini.

Keramaian dimulai dengan persiapan takbir keliling di jalan-jalan utama kecamatan Jati. Berbagai kendaraan pun dihias sedemikian rupa untuk mengikuti pawai takbir keliling tersebut. Untuk desa Singget, pawai dimuali dari masjid desa dan dilanjutkan bergerak menuju jalan Doplang-Sulursari kemudian kembali ke masjid desa tersebut.

Ali Mujiharto (17) mengikuti pawai yang diselenggarakan masyarakat desa Singget tersebut. Ali adalah pemuda desa Singget yang mengikuti rangkaian takbir keliling dari persiapan hingga usai pada dini hari (06.07.2016)

“Senang sekali bisa ikut takbiran bareng teman-teman, soalnya sepanjang ramadhan harus ikut Ngaji Pasan di sekolah. Sekarang saatnya menyambut hari kemenangan dengan takbir keliling“ tutur Ali sesaat sebelum pawai dimulai.

Selain Ali, pawai takbir keliling tersebut diikuti oleh hampir ratusan warga dengan berbagai kendaraan, mobil dan truk hias, kendaraan roda dua bahkan banyak pula yang berjalan kaki. Semuanya, Ali dan peserta pawai lainnya tampak sangat bergembira di kegiatan rutin tahunan tersebut.

Esoknya, dilaksanakan jamaah Sholat Iedul Fitri di berbagai tempat. Masjid Assamani Doplang merupakan salah satu masjid di Kecamatan Jati yang mengagendakan Sholat Iedul Fitri berjamaah. Pada kesempatan kali ini, Kyai Ladimin AA bertugas sebagai imam sedangkan bilal dan khotib dilaksanakan oleh Kyai Shoim dan Kyai Abdul Khamid[.]

Reporter   : Sahal Makmur

Foto       : Az Zulfa

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.