fbpx

LEBIH DEKAT DENGAN RATU AMBYAR YENI INKA

Nama Pedangdut Yeni Inka menjadi perbincangan publik akhir-akhir ini. Pedangdut bernama lengkap Yeni Inka Novitasari tersebut lahir di Blora, Jawa Tengah pada 8 November 2000.
Penyanyi dangdut asal Blora, Yeni Inka Novitasari .

Randublatung – Nama Pedangdut Yeni Inka menjadi perbincangan publik akhir-akhir ini. Pedangdut bernama lengkap Yeni Inka Novitasari tersebut lahir di Blora, Jawa Tengah pada 8 November 2000.

Saat berkunjung ke rumahnya, di Desa Pilang, Kecamatan Randublatung, yang jaraknya sekitar 30 kilometer dari alun-alun kota Blora, keluarganya menyambut dengan hangat, begitu pula Yeni Inka yang sedang berada di rumah.

Setelah basa-basi dan memperkenalkan diri, perbincangan dengan Yeni Inka dimulai. Ia menceritakan awal mulanya berkecimpung di dunia tarik suara. Semua berawal dari darah seni yang mengalir pada dirinya.

BACA JUGA :  HATI-HATI GANJAR SAAT DIBERI KERIS BUTO IJO DARI TOKOH BUDAYA

“Awalnya memang dari keluarga seni,” ucap Yeni Inka saat ditemui di rumah kayunya, Sabtu (19/02).

Kakek dan neneknya merupakan seorang seniman yang mempunyai barongan, ketoprak, rias, serta persewaan alat-alat panggung.

“Terus ibu juga penari, tapi sehabis menikah enggak boleh sama bapak,” kata dia.

Sedari kecil, pedangdut yang dijuluki Ratu Ambyar ini tidak mengikuti sekolah seni atau sejenisnya.

“Akhirnya otodidak, enggak ada yang ngajarin. Enggak pernah (kursus nyanyi), nyanyi asal-asalan,” ujar dia.

Dirinya mengatakan sudah menyukai dunia tarik suara dari usia kanak-kanak sampai saat ini.

“Dari TK saya nyinden di barongan, terus SD jadi jathilan, terus ikut ketoprak, terus mulai nyanyi dangdut panggung ke panggung kelas 5 sampai kelas 6 SD, sampai sekarang hampir 12 tahun di panggung,” terang alumni SMAN 1 Randublatung tersebut.

BACA JUGA :  NURMA SILVI : MASYARAKAT BEBAS MENILAI, KERJA SAYA HALAL !

Selama menggeluti dunia seni, Yeni tidak pernah menomorduakan dunia pendidikan. Dari jenjang SD sampai SMA, dirinya pernah mengikuti lomba cerdas cermat, lomba tembang jawa, bahkan ikut menjadi paskibraka sebagai pembawa baki.

“Alhamdulillah selama ini enggak pernah bolos sekolah gara-gara job, dan sekarang mau wisuda ambil jurusan hukum di Untag (Universitas 17 Agustus 1945) Semarang,” jelas dia, yang juga penikmat drama korea itu.

BACA JUGA :  SENIMAN BLORA : GUYUP RUKUN KEMERDEKAAN

Meski telah dianggap sukses menjadi seorang penyanyi dangdut, Yeni merasa masih banyak impian yang belum tercapai.

“Pengin buat lagu sendiri itu yang belum tercapai, pengin banget punya karya sendiri, doain semoga next,” ucap penikmat makanan pedas tersebut.

Menutup perbincangan, Yeni memberikan tips-tips bagi anak-anak muda yang ingin sukses di bidangnya masing-masing.

“Ya tetap semangat, jangan lupa berdoa, kalau orang lain bisa kenapa kita enggak bisa, dan tentunya disiplin waktu,” kata Yeni Inka mengakhiri perbincangannya. (Ary).