LEGA, KAKEK 99 TAHUN LANGSUNGKAN AKAD NIKAH DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Blora- Hadi Sukirno (99), warga Kelurahan Kauman Rt 01 Rw 02 Kecamatan Blora Kabupaten Blora bisa bernapas lega. Pasalnya keinginanya untuk menikahi pujaan hatinya Yami (65), warga Desa Jomblang Kecamatan Jepon Kabupaten Blora dapat terwujud kemarin (23/04).

 

Hadi Sukirno (99), saat melangsungkan pernikahan.

Hadi Sukirno (99), saat melangsungkan pernikahan.

 

Sejoli ini melangsungkan pernikahan di Kantor KUA Blora I. Kepala Kelurahan Kauman, Marthin Ukie Andhana ketika dikonfirmasi membenarkan jika pasangan Mbah Hadi dengan Yami sudah berhasil ijab di kantor KUA.

“Memang benar, informasinya karena ada SE baru dari Kemenag. Coba bisa ditanyakan langsung ke KUA Blora I,” terangnya.

Awalnya pasangan ini hampir tidak bisa melangsungkan pernikahannya lantaran terganjal SE dari Kemenag nomor 163/KUA.11.16.02 Hk.007/04/2020, tertanggal 6 April 2020, yakni bagi warga Blora yang merencanakan pernikahan dan mendaftar di KUA setelah tgl 1 April 2020, pihak KUA tidak bisa menentukan tanggal pernikahannya.

Sementara itu, Kepala KUA Blora I, Suryani Kamali membenarkan hal tersebut. Bahwa pihaknya telah ijabkan pernikahan dua pasangan kakek nenek tersebut. Karena sudah terbit surat edaran yang terbaru.

”Ya memang benar, untuk pelaksanaan akad nikah berlangsung di Kantor. Hal itu karena ada dasarnya, yakni SE yang baru. Dimungkinkan dalam waktu dekat ini juga akan muncul SE yang baru lagi,”ungkapnya.

Sebagai informasi dengan adanya SE terbaru dari Menteri Agama No. 9 th 2020, sebagai pengganti SE Menteri Agama No.5 th 2020. Bagi calon pengantin yang mendaftarkan pernikahan di KUA setelah tanggal 1 April 2020 bisa tetap dilaksanakan.

“Surat edaran yang baru itu, dijelaskan Suryani, bagi calon pengantin yang mendaftarkan pernikahannya di KUA setelah tanggal 1 April hingga 21 April 2020, bisa dilaksanakan akad nikah. Pelaksanaannyapun, tetap memperhatikan SOP di tengah wabah Covid-19, yakni tidak dihadiri banyak orang, semua memakai masker, dan jaga jarak,”pungkasnya. (Jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan