fbpx

LIMITED GROUP MUKTI ALI : PEMBANGUNAN DIMULAI DARI PENGETAHUAN

  • Bagikan
Mukti Ali, Djohan Effendi, Dawam Rahardjo dan Ahmad Wahib merupakan para pendiri Limited Group
Mukti Ali, Djohan Effendi, Dawam Rahardjo dan Ahmad Wahib merupakan para pendiri Limited Group

cepu (07.06.2016) Untuk mewujudkan Kabupaten Blora yang sejahtera dan bermartabat diperlukan pembangunan multi – sektor dengan mengerahkan segala potensi Kabupaten Blora, salah satu potensi vital Kabupaten Blora adalah mahasiswa dan kaum intelektual lainnya.

 

Mukti Ali, Djohan Effendi, Dawam Rahardjo dan Ahmad Wahib merupakan para pendiri Limited Group
Mukti Ali, Djohan Effendi, Dawam Rahardjo dan Ahmad Wahib merupakan para pendiri Limited Group

 

Bappeda Kabupaten Blora pada “Blora dalam angka 2015“ melaporkan bahwa saat ini (awal 2016) Kabupaten Blora memiliki tiga ribu lebih mahasiswa aktif, empat ratus lebih dosen dan seribu lebih lulusan perguruan tinggi (data : 2014) dari berbagai macam disiplin ilmu. Dengan dukungan dari daerah, potensi kaum terdidik ini dapat menjadi salah satu mesin Kabupaten Blora untuk kebutuhan pembangunan daerah.

Mukti Ali (1923 – 2004) Menteri Agama Kabinet Pembangunan II, Tokoh Pendidikan dan Bapak Perbandingan Agama asli Cepu, ujung timur Kabupaten Blora memberi contoh bagaimana cara mengelola sumber daya intelektual.

Bersama tiga koleganya Djohan Efendi (mensesneg kabinet persatuan, presiden Abdurrahman Wahid), Dawam Rahardjo (pakar ekonomi) dan Ahmad Wahib (tokoh pers dan aktivis HMI), Mukti Ali mendirikan sebuah kelompok diskusi terbatas yang diberi nama Limited Group.

Limited Group dilakukan di kampus dimana Mukti Ali mengajar, STI (sekarang UII Jogjakarta) dimulai tahun 1967 dan berjalan sampai saat ini. Diskusi terbatas Limited Group tidak membatasi diri dalam kajian atau realitas sosial tertentu, melainkan membahas segala segi kehidupan secara mendalam dan kritis.

Diskusi terbatas ini, mulanya hanya diikuti oleh belasan mahasiswa STI dengan narasumber dosen – dosen atau intelektual di kawasan Jogjakarta. Lambat laun, Limited Group menarik perhatian banyak perhatian tokoh intelektual di tanah air.

Dewasa ini, para alumni diskusi non–formal Limited Group menjadi barometer ilmu pengetahuan di tanah air. Para alumni Limited Group antara lain : Nurcholis Madjid (cendekiawan muslim), Simuh (pakar sufisme Jawa), Kuntowijoyo (budayawan) dan Deliar Noer (Politikus, Rektor IKIP Jakarta). Sayangnya, Kabupaten Blora sebagai daerah asal Mukti Ali belum ada forum diskusi sejenis.

Catatan terakhir Bloranews.com terkait perkembangan diskusi mahasiswa adalah Kuliah Umum STAI Khozinatul Ulum tentang Lingkungan Hidup yang diselenggarakan pada awal 2016.

Dengan dorongan dari para pengambil kebijakan Kabupaten Blora, diskusi – diskusi non – formal yang melibatkan para mahasiswa dan intelektual Kabupaten Blora dapat menjadi katalisator pembangunan di Kota Mustika ini [.]

 

Sumber    : Ali Munhanif (Prof. Mukti Ali: Modernisasi Politik–Keagamaan Orde Baru/kemenag.go.id )

Editor    : Amin Mahrus S.

Foto      : Djalu T P

 

 

Baca Juga :

 

banner 120x500
  • Bagikan