LINMAS BLORA SIAPKAN PASUKAN UNTUK LOMBA DEFILE TINGKAT JAWA TENGAH

Blora – Pasukan Linmas Blora tengah bersiap mengikuti lomba defile (perarakan barisan / gerak jalan gaya tentara : red) tingkat provinsi Jawa Tengah. Dua peleton pasukan disiapkan untuk mengikuti lomba yang akan diselenggarakan pada 22 – 23 Maret 2017 di stadion Manahan Solo ini. 

 

HANSIP BLORA

Pasukan Linmas Blora tengah berlatih untuk mengikuti lomba defile tingkat Jawa Tengah. Foto : Bloranews

 

Sutriyono, kasi Linmas kantor Satpol PP Blora menyampaikan latihan ini akan berlangsung sampai beberapa hari kedepan. “ Perlombaan yang akan dilaksanakan di Stadion Manahan ini ada dua kategori, untuk Linmas dan Satpol PP. Jadi dua peleton yang sedang berlatih ini terdiri atas pasukan Linmas dan Satpol PP masing-masing satu peleton” ujar Sutriyono.

Peleton Linmas, diambil dari satuan Linmas Inti desa – desa terdekat Blora Kota. Tentara dari Koramil Blora terjun untuk melatih baris-berbaris, upacara dan defile. Latihan pagi ini dilaksanakan di alun – alun Blora.

Linmas, sebelumnya dikenal dengan nama Hansip (Pertahanan Sipil), dibentuk pada masa orde baru berdasarkan Keppres no 55 tahun 1972. Pada masa itu, Hansip dalam sistem Hankamrata merupakan komponen Hankam dan komplemen ABRI.

Tahun 2010, pemerintah menerbitkan PP no 6 tahun 2010 yang menyebutkan tugas dan fungsi yang berkaitan dengan ketertiban umum, ketentraman masyarakat dan perlindungan masyarakat dilaksanakan oleh Satpol PP. Pada 1 September 2014, pemerintah mencabut Keppres no 55 tahun 1972. Hansip dibubarkan pemerintah dengan Peraturan Presiden no 88 tahun 2014 [.]

Reporter : Jacko Priyanto

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.