LOKO TUA C-2902 AKAN DIPASANG DI TAMAN SERIBU LAMPU

Cepu- Lokomotif uap kuno C-2902 dipastikan akan menghiasi Taman Seribu Lampu, Cepu Kabupaten Blora. Kepastian ini menyusul ditandatanganinya berita acara penyerahan lokomotif dari Perhutani KPH Cepu kepada Pemkab Blora.

 

Bupati bersama jajaran Forkompimda Blora di depan lokomotif uap kuno C-2902

Bupati bersama jajaran Forkompimda Blora di depan lokomotif uap kuno C-2902

 

“Lokomotif uap yang sudah usang namun tetap gagah dan klasik ini akan kami pasang di Taman Seribu Lampu sebagai salah satu kebanggaan bahwa di Cepu, Kabupaten Blora moda transportasi ini pernah berjaya,” kata Bupati Blora Djoko Nugroho, di lokasi penandatanganan berita acara, kompleks Heritage Trainz Loco Tour, Ngelo, Kamis (14/11).

Sebagai informasi, Lokomotif uap kuno C-2902 pada masanya digunakan sebagai penarik lori pengangkut kayu hasil hutan dari lokasi tebangan menuju tempat penimbunan kayu (TPK) milik Perhutani.

Dikutip dari laman PT KAI, lokomotif uap kuno C-2902 merupakan jenis lokomotif C-29 yang memiliki silinder berdimensi 340 mm X 370 mm pada sisi luar dengan roda penggerak berdiameter 850 mm. Lokomotif produksi Jerman tahun 1922 ini, mampu melaju dengan kecepatan 30 Km/jam.

Diketahui bersama, di Taman Seribu Lampu juga telah dipasang sejumlah benda-benda kuno ikonik peninggalan abad XIX seperti pompa minyak angguk kuno, dan mesin selender peninggalan Belanda yang sering disebut Stoomwals. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan