fbpx

LOMBA DOLANAN TRADISIONAL SITUS NGLORAM

Anak-anak SD mengikuti Lomba Dolanan Tradisonal (Dotra) pada hari Minggu, 20 November 2022, di area Situs Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.
Anak-anak SD mengikuti Lomba Dolanan Tradisonal (Dotra).

Cepu, BLORANEWS – Anak-anak SD mengikuti Lomba Dolanan Tradisonal (Dotra) pada hari Minggu (19/22), di area Situs Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

Lomba ini diikuti setidaknya 18 grup yang setiap grup ada 7 anak seumuran SD yang mewakili Kecamatan Cepu, Blora dan Kecamatan Padangan, Bojonegoro. Setiap perwakilan memainkan lima urutan jenis dolanan tradisional secara estafet; boi-boian (bak game), lompat tali karet, bakiak, engklek gunungan dan kendi gulon.

BACA JUGA :  INDAHNYA PANORAMA SENJA DI KRACAKAN WATU GONG CEPU

Lomba dimulai dari pukul 08.00 WIB, ratusan anak berkumpul dalam suasana cerah untuk melakukan kegiatan yang berlangsung sangat meriah. Para guru dan orang tua terlihat menjadi supporter yang menyemangati anak-anak didiknya agar tetap semangat dan cepat dalam menyelesaikan seluruh jenis permainan.

“Kami selaku panitia sangat senang, anak-anak SD, MI dan instansi yang terkait sangat antusias sekali dalam mengikuti kegiatan dolanan tradisional ini,” ucap panitia lomba tradisional, Agus.

BACA JUGA :  MATANGKAN RENCANA REAKTIFASI LAPTER NGLORAM, BPSDM ESDM RI BERKUNJUNG KE BLORA

Sebagaimana diketahui, Lomba Dolanan Tradisional ini merupakan salah satu mata acara dalam rangkaian Nglaras Jagat Ngloram, yang diselenggarakan oleh Komunitas Bumi Budaya sebagai inisiasi gelaran seni-budaya yang ada di situs Ngloram.

“Harapan kami kedepannya dolanan tradisional meningkat dari segi peminat, baik anak-anak maupun dewasa, karena dolanan tradisional ternyata juga berperan dalam pembentukan anak, kekompakan, kebersamaan dan kepemimpinan. Semoga kegiatan ini dapat berkelanjutan,” terang Agus.

BACA JUGA :  TIKET PENERBANGAN CITILINK SUDAH BISA DIAKSES

Adapun pemenang lomba diraih oleh SDN Balun 3 (Juara 1), SDN Padangan 2A (Juara 2) dan SDN Padangan 2B (Juara 3). (jam)