fbpx

LOUNCHING, TBM CAHAYA ILMU TALOKWOHMOJO NGAWEN GELAR LOMBA GAMBAR

  • Bagikan

Ngawen – Puluhan anak antusias menggambar dan mewarnai gambar dalam lomba yang digelar oleh pengurus Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cahaya Ilmu Desa Talokwohmojo, Kecamatan Ngawen, Blora, Minggu (27/08/2017).

Lomba itu merupakan kegiatan pertama taman baca tersebut. Hal ini dilaksanakan untuk mengenalkan buku dan meningkatkan minat baca kepada anak dan masyarakat.

Sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang melaksanakan KKN di desa tersebut pun ikut berperan. “Mereka juga ikut bantu pendirian TBM ini. Kemarin juga bantu buku-buku,” ucap Ketua TBM Cahaya Ilmu, Alifin Candra Kusuma, disela kegiatan tersebut.

 

Pengurus bersama Peserta di Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Cahaya Ilmu Desa Talokwohmojo, Kecamatan Ngawen, Blora, Minggu (27/08/2017).

 

Bahkan, lomba itupun didukung oleh Komunitas Blora Updates yang ikut menyediakan hadiah lomba, selain dari dari PKBM “Mapan” yang membawahi taman baca tersebut dan mahasiswa UNY.

Hadiah lomba pun bervariasi, pemenanganya mendapatkan seperangkat alat menggambar dan mewarnai, serta buku gambar. “Juga buku tulis, buku-buku mewarnai, dan buku contoh gambar, serta piagam penghargaan,” jelas Candra, sapaan akrabnya.

Sejak awal, mahasiswa Jurusan Tarbiyah STAI Al Muhammad Cepu ini bersama rekannya, Arif Wahyudi, menyediakan puluhan buku dan kertas gambar untuk anak-anak dan pengunjung umum di TBM di desa itu.  

Sebagian besar buku-buku yang disediakan untuk anak-anak sekolah PAUD, TK dan sekolah dasar (SD). Sebab, pengunjung yang lebih antusias anak-anak, hingga buku bacaan untuk anak lebih dominan.

Lantas, karena belum memiliki tempat secara mandiri, TBM tersebut sementara ditempatkan dirumah salah satu pengurus, di Desa Talokwohmojo Rt 06 Rw 01. “Harapan kami, semoga Taman Baca Cahaya Ilmu bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Talokwohmojo khususnya, dan bermanfaat bagi semua umat,” tuturnya.

Menurut Arif Wahyudi, Bendahara TBM, berencana rutin membuka taman baca setiap hari sejak pukul 08.00-20.00 Wib. “Kami ingin agar masyarakat, khususnya anak-anak sekolah suka membaca,” ujarnya. Sesuai dengan visi TBM, mewujudkan masyarakat yang cerdas, terampil, mandiri, inovatif, dan produktif. Serta mapan dan berakhalakul karimah menuju kehidupan yang harmonis.

Yudi mengungkapkan, dalam pendirian taman baca bermodal patungan dengan rekannya sesama pengurus, dari totalnya senilai Rp 3,3 juta. “Ini sesuai misi kami. Memberikan bimbingan dan pelayanan serta pengajaran kepada masyarakat dengan dasar iman dan takwa,” pungkasnya.

Reporter : Ngatono

  • Bagikan