LUAR BIASA, WARGA LAPAS BLORA IKUT KHATAMAN AL-QURAN

Blora – Dalam Rangka Memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 53, Rutan Kelas II B Blora menggelar acara Khataman Al-Quran bersama Warga Binaan Pemasyarakatan di Mushola At-Taubah Rutan Kabupaten Blora.

Kepala Rutan Kabupaten Blora Yhoga Aditya Ruswanto yang membacakan sambutan Mentri Hukum dan HAM Republik Indonesia (Menkumham RI), menjelaskan bahwa membaca Al-Quran merupakan Ibadah yang telah menjadi kultur pada masyarakat Indonesia.

 

WARGA LAPAS BLOR

Pembacaan Al-Quran dilakukan sebagai intropeksi diri bagi warga binaan. Foto : Humas Pemkab Blora

 

Akan tetapi saat ini kultur tersebut mulai digeser oleh budaya modern. Sedangkan, peredaran narkoba yang dikendalikan oleh narapidana menjadi perhatian masyarakat luas.

“Maka dari itu ketakwaan perlu ditingkatkan, agar warga binaan tidak mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan,” kata Yhoga Aditya Ruswanto, Kamis (20/4/2017).

Selain itu, pembacaan Al-Quran akan dilakukan setiap hari, sebagai tempat intropeksi diri bagi warga binaan serta menjadi titik balik bagi seluruh warga binaan. “Kita menggagas rencana pembangunan Pondok Pesantren di kawasan Rutan untuk warga binaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora Nuril Anwar yang hadir dalam acara tersebut, mengamini rencana Kepala Rutan Blora. Pihaknya juga siap melakukan penyuluhan kepada warga binaan, yang saat ini memiliki 360 tenaga penyuluh serta 17 tenaga penyuluh non PNS. 

“Semua orang pasti memiliki salah, dengan adanya Ponpes ini diharapkan tidak ada lagi warga binaan. Tapi semua jadi santri dengan suasana kekeluargaan dan keagamaan yang lebih kental, semuanya juga bisa saling bercengkrama,” ujarnya.

Acara ini diawali dengan sholat berjamaah dan diakhir dengan penyerahan Wakaf Al-Quran, soundsystem, karpet sajadah serta infak Al-Quran ini, secara simbolik dari perwakilan Nusantara Mengaji kepada Kepala Rutan Kabupaten Blora.

Reporter : Ngatono/Humas Pemkab.Blora

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.