fbpx

MAHASISWA CANTIK LATIH EMAK-EMAK BUAT SABUN KERTAS

Emak-emak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kidangan, kecamatan Jepon, Kabupaten Blora dilatih cara membuat sabun kertas oleh mahasiswa cantik saat malakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Mahasiswa KKN Undip melatih emak-emak PKK.

Jepon – Emak-emak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Kidangan, kecamatan Jepon, Kabupaten Blora dilatih cara membuat sabun kertas oleh mahasiswa cantik saat malakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Salah satu mahasiswa KKN Undip, Amartia Sandra Ristanti sengaja mengadakan kegiatan edukasi pembuatan sabun kertas dengan menyasar kelompok PKK dan Door to Door. Program ini dilakukan untuk menyukseskan 5M salah satunya mencuci tangan pakai sabun.

“Sabun lebih efektif untuk membunuh kuman, banyak masyarakat memilih membawa handsanitizer saat bepergian dengan alasan praktis. Maka sabun kertas ini sebagai alternativ baru dan mudah di bawa kemana saja,” terangnya.

BACA JUGA :  4 KECAMATAN MASUK ZONA HIJAU

Ia menambahkan, dalam pembuatan sabun kertas mudah dilakukan dan bisa dikerjakan di rumah. Cukup siapkan kertas minyak, sabun cair dan gunting. Untuk membuat, siakan kertas minyak di atas wadah, tuangkan sabun ke permukaan kertas, tunggu hingga kering. Setelahnya gunting sesuai keinginan dan sabun siap digunakan.

Berdasarkan data masuk di Bloranews.com, Sabtu (27/11), mahasiswa Amartia selain melatih membuat sabun pada, Sabtu (13/11), di hari yang sama sebelumnya drinya juga melakukan sosialisasi pentinya 5M dan vaksinasi covid-19 pada kelompok PKK.

BACA JUGA :  PELANTIKAN IPNU BLORA : PENTINGNYA PEMBENTUKAN IPNU DI SEKOLAH

“Saya sengaja menyasar kelompok PKK karena jangkauannya luas dan efektif. Kita juga berdiskusi dengan masyarakat dan beberapa perangkat desa yang hadir. Di sini banyak lansia belum vaksin, karena belum tahu pentingnya vaksin dan juga punya penyakit bawaan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu peserta, Sriwahyuni berharap agar masyarakat lebih sadar aka pentingnya melakukan percepatan vaksinasi dan patuh prokes terutama kepada masyarakat lansia di Desa setempat.

BACA JUGA :  MASYARAKAT TAK TAAT PROKES, MAHASISWA KKN UNDIP SOSIALISASI DOOR TO DOOR

“Alhamdulillah dengan sosialisasi ini diharapkan kesadaran warga untuk vaksinasi lebih meningkat terutama para lansia yang belum divaksin. Semoga juga lebih sadar untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai yang disampaikan oleh mbak KKN,” pungkasnya.

Diketahui, Undip bekerja sama dengan UNICEF Indonesia mengadakan program KKN Tematik Vaksinasi 2021 dengan tema “Sinergisitas Akademisi dan Pemerintahan dalam Pencapaian SDGs Melalui Percepatan Vaksin dan Pencegahan Covid-19 di Provinsi Jawa Tengah”. (jam).