fbpx

MAJUKAN BUDAYA, BUPATI BLORA JALIN SINERGI DENGAN RAJA MANGKUNEGARA X

Pada Selasa (13/9) kemarin, Bupati Blora Arief Rohman yang ditemani istrinya Ainia Shalichah jalin silaturahmi dengan Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, di Pura Mangkunegaran Kota Surakarta.
Bupati Blora Arief Rohman jalin silaturahmi dengan Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, di Pura Mangkunegaran Kota Surakarta.

Solo, BLORANEWS – Pada Selasa (13/9) kemarin, Bupati Blora Arief Rohman yang ditemani istrinya Ainia Shalichah jalin silaturahmi dengan Raja Mangkunegara X, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, di Pura Mangkunegaran Kota Surakarta.

Selama kurang lebih 30 menit, ketiganya diskusi gayeng soal kebudayaan dan sepakat untuk bersinergi dalam pemajuan Kebudayaan tradisional khas daerah masing-masing.

BACA JUGA :  WARGA INI TEMUKAN MAKAM KUNO DI DEPAN RUMAH

Bupati Arief juga menyerahkan buku tentang potensi Blora dan menyampaikan berbagai potensi seni budaya di Blora. Mulai dari Barongan, Tayub, Sedulur Sikep Samin, Wayang Kulit, dan lain sebagainya.

“Dan ternyata Kangjeng Gusti Mangkunegara X mendukung pengembangan budaya tersebut. Mungkin akan kita bikin konsep event budaya bersama, atau bagaimana konsepnya akan kita diskusikan lebih lanjut. InshaAllah kalau ada kesempatan, beliau akan kita undang ke Blora pada rangkaian Hari Jadi di bulan Desember mendatang untuk bersama sama nguri-uri budaya,” terang Bupati.

BACA JUGA :  VIDEO TARIAN KANG SAKTI JOKO LODRO DI FESTIVAL JANADRIYAH 33, RIYADH ARAB SAUDI

Sementara itu, Kanjeng GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo merasa senang menerima kunjungan Bupati Blora. Meskipun baru kali pertama, pihaknya dapat menerima Bupati Arief beserta rombongan dengan baik layaknya saudara.

“Saya sepakat dengan Pak Bupati tentang pelestarian budaya daerah. Mangkunegaran siap mendukung untuk berkolaborasi dan sinergi. Blora dengan kekhasannya harus bisa dikenal, begitu juga dengan Mangkunegaran. Bersama sama merawat budaya nenek moyang leluhur kita,” tambah Kanjeng GPH Bhre Sudjiwo.

BACA JUGA :  TARIK PENGUNJUNG, BPSMP SANGIRAN BERIKAN BANTUAN TEKNIS RUMAH ARTEFAK

Tampak hadir dalam kegiatan, Asisten Administrasi Sekda Blora, Camat Blora Kota, dan sejumlah warga Mangkunegaran asal Blora. (Ads)